Hello November


こんばんちわ♪

Tidak terasa tahun 2017 hanya tersisa kurang dari dua bulan! Cepet banget. Gue bahkan kayak nggak gitu ngerasain musim gugur, tau-tau udah musim dingin aja. Apa aja yang udah lo lakukan selama sekitar kurang lebih 10 bulan terakhir? Kalau gue, menargetkan untuk membaca seluruh komik dan novel yang ada. Alhamdulillah sih, tinggal satu novel lagi yang sedang dibaca. Setelahnya ada buku Harry Potter - A History of Magic. Pasti bakal butuh waktu lama banget buat kelar baca buku itu.

Well, di post kali ini gue pengen cerita kisah ketika temen dari Indonesia sedang jalan-jalan di Jepang. Karena dia datengnya pas banget lagi long weekend, jadi gue bisa nemenin dia main selama di Tokyo.

Pertama-tama dia minta ditemenin ke sebuah toko stationary bernama Tools yang berada di Shinjuku. Ada brush pen yang lagi dicari ama temen gue yang memang demen ngomik.

Saat itu gue nggak kepikiran untuk ngambil potonya, tapi tokonya itu kecil. Meskipun kecil mampu bikin mata berbinar-binar bagi yang doyan menggambar terutama ngomik. Copic berjejer buanyaaaaaaakk sekali. Gue pun hampir aja khilaf kepengen beli brush marker, tapi untungnya masih bisa menahan diri karena harganya mahal sekali u_u

Dari Shinjuku kita bertolak ke Okachimachi untuk makan ramen halal. Di Jepang, muslim nggak bisa sembarangan makan ramen karena makanan satu ini udah dijamin keharamannya wakakakak. Jadi lo harus ke warung ramen halal. Kali ini gue dan temen gue meilipir ke Ayam-Ya. Lokasinya nggak gitu jauh dari stasiun JR Okachimachi.

Sesuai nama warungnya, ramen yang disediakan memakai kaldu ayam. Harganya relatif standar sih, 800-an Yen. Menu selain ramen juga ada, tapi gue nggak gitu inget ada apa-apa aja. Haha. Yang pasti, sangat disayangkan tidak ada gyoza di warung ramen ini. Padahal ramen dan gyoza itu kan best match. Racun Build mulai masuk ke dalam kehidupan sehari-hari.

Ramen yang tersedia ada dua, shoyu ramen dan shio ramen. Selain ramen yang biasa (?) ada juga tsukemen, tipe ramen yang mi dan kuahnya terpisah. Cara makannya, mi dicelupkan ke kuah kayak lagi makan martabak telur dicelupkan ke sausnya (?). Absurd kan penjelasan gue muhahahah.


Temen gue pesen yg shoyu ramen, sedangkan gue pesen shio ramen. Kita berdua pesen yang rasa kaldunya lebih kuat (noukou). Biar kata rasa kaldunya kental, tapi rasanya tetep ringan dan nggak bikin eneg kayak paitan soup. Untuk porsinya sih, normal. Senormalnya porsi ramen di Jepang, GEDE. Dijamin bikin kenyang.

Gue pribadi lebih suka Ayam-Ya dibanding Narita-Ya yang ada di Asakusa.

Selanjutnya rada bingung antara ke Yokohama atau Enoshima. Dua-duanya sama-sama menyenangkan. Hanya saja, kalau dilihat dari waktu reservasi makan malam, yaitu jam tujuh malam, Enoshima agak terlalu memakan waktu. Lebih aman kalau jalan-jalan ke Yokohama. Tapi ya, berhubung temen gue ini juga doyan jajan, berangkat deh ke Enoshima haha. Tabe-aruki time!!

Di Enoshima nggak gitu lama sih. Cuma menikmati beberapa jajanan doang. Tapi karena sekarang udah musim gugur, jadi malamnya itu cepat. Jadinya kita kebagian liat pemandangan Enoshima di malam hari. Keren banget lampu-lampunya, mau yang di pulau, maupun di sepanjang pantai Shonan.


Terakhir, kita ke Shibuya untuk makan malam. Gue udah reservasi tempat di restoran Hanasakajisan, restoran shabu-shabu. Restoran ini menyediakan menu halal dengan daging sapi Miyazaki Wagyu yang lezat itu. Kita pesan paket yang 4500 Yen. Beneran deh, bega banget.

Honestly, untuk lidah orang Indonesia, makanan Jepang semahal apapun mungkin akan terasa biasa-biasa aja. Kenapa? Karena makanan Jepang tuh kurang bumbu! Enak sih, tapi asa ada yang kurang. Contohnya shabu-shabu ini. Cuma pakai kaldu doang. Udah.

Dagingnya sih nggak usah ditanya, UENYAK BANGEEEEETT!! Dagingnya tuh lembut banget. Sisanya bagi gue biasa-biasa aja, kecuali sashimi dan tempura jagung. Rasa manis jagungnya nggak biasa. Jauh lebih enak dan manis dari jagung manis pasaran.

Uniknya, kita ditawarin mau pakai cabai dan bawang putih atau nggak untuk campuran kaldunya. Kita pilih pakai cabe doang. Jangan dibayangin jadi pedes ya. Bahkan nggak ada rasa cabenya sama sekali. Nah, yang lebih unik lagi, ada cabe di saus shashimi. Jujur, aneh makan sashimi dengan tambahan rasa langu cabe. Bukan rasa pedas ya.

Untuk ikan bakarnya, bagi gue yang nggak doyan ikan masak, ya rasa ikan. /plak Tapi nampaknya, ikan bakarnya ini enak menurut temen gue. Gue pribadi cukup suka pas motong ikannya pakai sumpit, dibakarnya tuh ampe kulitnya garing, jadi ada bunyinya haha. Tapi bagaimanapun juga, ya ikan bakar. IKAN. Gue nggak doyan ikan.

Poto makanannya sebenernya ada... Tapi di hape, dan hape gue lagi rusaaaaakkk T_________T Baru bisa benerin atau beli barunya nanti pas akhir minggu u_u

Hari berikutnya gue nemenin dia jalan-jalan gejeh di stasiun Tokyo dan Odaiba.

Di stasiun Tokyo, gue ajak dia ke Depa-Chika yang ada di lantai bawah tanah stasiun. Di sana banyak toko oleh-oleh, dari yang mainstream kayak makanan dan cemilan, sampai toko-toko racun yang sanggup bikin duit lu abis dalam sekejap. Temen gue pun kemakan racun Ghibli pas masuk toko Donguri Kyowakoku yang merupakan toko official yang menjual goodies Ghibli.

Sedangkan gue? Abis main gacha Build. Yeah! Yang penting udah punya full bottle panda!!

Dari stasiun Tokyo, kita jalan ke Odaiba. Pas nyampe sana, kebetulan banget lagi ada kontes Soran Bushi. Gue terpana dengan bendera-benderanya yang gede banget itu. Dan karena sedang ada kontes kayak gini biasanya ditemani pula dengan berbagai jajanan kaki lima haha. Cuma beli Gyutan Stick doang sih, karena yang lain makanan berat yang sekali makan lo kenyang. Jadi nggak bisa makan banyak kan kalo gitu~

Setelah merasa puas menggejeh di Taman Seaside Odaiba, kita melipir ke toko Fuji TV. Lagi-lagi ngeliat racun-racun dari berbagai kartun yang tayang di Fuji TV, kayak Ansatsu Kyoushitsu, Dragon Ball, Dr. Slump, dan One Piece. Nggak lama-lama banget sih di Fuji TV, karena tujuan utama ke Odaiba untuk liat patung Gundam yang terkenal itu.


Well, yeah. Gue bukan penggemar Gundam. Gue cuma bisa berkata, "wogh! Keren!" Begitu liat patung Gundam yang konon katanya ukurannya itu 1:1. CMIIW. Sembari nunggu temennya temen gue (temen gue ini jalan-jalan ke Jepang berdua dengan temennya), kita poto-poto gejeh ala turis. Maklum, norak ngeliat patung robot segede gaban, meskipun ini bukan Gaban.

Ada yang ngerti nggak tuh? XD

Setelah mereka akhirnya bertemu, kita ditarik ama temen dari temennya temen gue yang orang Jepang (yo men, temenception) untuk cuci mata di Odaiba Icchome Shoutengai yang ada di dalam gedung Odaiba Decks. Tempat ini dibikin seperti daerah pertokoan di jaman Showa. Retro-retro edgy gimana gitu deh~ Banyak dijual jajanan yang bikin nostalgia nggak hanya untuk orang Jepang, tapi kita orang Indonesia pun juga pasti kebawa nostalgia ke jaman SD.

Menarik banget deh pertokoan retro ini. Lain kali gue coba ke sana untuk ambil poto-poto dan bikin post khusus karena pas ke sana bareng temen gue ini teh batre kamera gue udah melemah u_u Jadi nggak ada ambil poto. Tempatnya ketjeh banget padahal.

Btw di sana gue sempet ketemu ama emak-emak norak nyebelin. Gue yakin banget mereka orang Indonesia karena setengah menghardik gue, "awas dong mbak!" ketika gue lagi liat-liat boneka pokemon. Kayaknya mereka mau poto di situ tapi ada gue yang mengganggu keestetikaan poto mereka. Mau poto mah ya bilang aja baik-baik. Nggak usah pake nyolot. Udah ada duit bisa jalan ampe ke luar negeri, tetep aje bertindak sesuka hati. Udah kayak Sungokong.

Selepas dari sana, udah harus balik ke dunia nyata. Temen gue udah harus cau ke bandara untuk pulang ke tanah air.

Lumayan banget lah hiburan selama dua hari. Dua hari capek jalan. Dua hari kenyang makan. Buhahahahaha.

0 Comments