Autumn Tour Day 3 Fushimi Inari & Shoseien


こんばんちわ♪

Butuh waktu lama untuk update kisah hari terakhir selama liburan di Kyoto. ORZ. Jadi, ada satu kejadian menyebalkan di hari terakhir dan gue tuh setiap inget itu jadinya selalu mengumpat-umpat. Padahal gue sedang berusaha untuk jadi orang baik.... cih! Kalau-kalau ada yang baca, dipersilakan untuk muntah.

Hari terakhir di Kyoto, gue jalan-jalan ke Fushimi Inari dan Shoseien.

Bentar, iklan dulu....

Duh, sungguh, gue ngetik ini sambil nonton Osama Game. Chaos abis ==a Bikin nggak fokus...

Okeh, jadi rencana gue di hari terakhir itu jalan-jalan gejeh di Fushimi Inari. Di salah satu post gue pernah bilang kalau gue nggak tertarik dengan kuil-kuil yang bentuknya sama semua itu hahaha. Tapi gue lumayan suka ke kuil terutama yang jadi tujuan wisata karena biasanya banyak jajanan di sana. Hahahaha. Tabearuki inochi!! Tapi berbeda ama Fushimi Inari ini, karena setidaknya dia ada pemandangan yang berbeda dari kuil-kuil kebanyakan yaitu seribu gerbang yang berjejer itu.

Hal pertama yang gue cari adalah koin loker. Kenapa? Karena dari sana, gue langsung pulang ke Kawasaki. Jadi gue harus cari tempat buat naro koper. Awalnya pengen ke stasiun Kyoto dulu naro koper, terus baru ke Fushimi Inari. Tapi sungguh, lagi nggak ada duit jadi 100-200 tuh berharga banget. Untuk menghemat, gue lebih milih penginapan - Fushimi Inari - stasiun Kyoto.

Gue udah nyari tau info mengenai koin loker di stasiun Fushimi Inari maupun stasiun Inari. Koin loker yang gede dikit banget broooh~ Dan pastinya karena itu teh tempat wisata yang selalu ramai, lokernya udah keburu penuh orz. Untungnya di deket stasiun Inari ada tempat penitipan barang. Biayanya 300 Yen. Jadi koper gue bisa gue titip di sana selama gue jalan-jalan. Udah gitu hemat 200 Yen haha. Karena biaya loker yang gede itu 500 yen.

Setelah gue titip koper, yang pertama kali tertangkap pandangan adalah toko mitarashi dango. WOHHOOOOOOO!! Gue doyan banget ama mitarashi dango. Tanpa pikir panjang, langsung beli lah ya. Selain untuk liat-liat si seribu gerbang itu, tujuan gue ke Fushimi Inari adalah tabearuki! Sungguh, makanan pertamanya mitarashi dango. Start yang lezat sekali~ Bener-bener beda banget ama mitarashi dango konbini yang biasa gue beli. UENYAAAAAKK!!!

Setelah itu gue menuju si kuil. Mata gue udah jelalatan aja liat banyak makanan. Saat itu gue masih bingung mau makan apa dulu. Terlalu banyak pilihan! Takoyaki, karaage, yakitori, kakigori, dessert maccha, soba, udon, donburi, blahblahblah. Begitu banyak pilihan di tengah-tengah uang yang sangat sedikit. Apa yang harus gue lakukan?

Well, akhirnya pilihan pertama gue jatuh kepada wagyu stick. Salah satu jajanan favorit gue kalau lagi jalan ke Osaka atau Kyoto, sate daging sapi jenis wagyu. Harganya 500 Yen. Nah, di sini nih. Kejadian hal paling menyebalkan yang bikin gue untuk pertama kalinya nyumpahin orang yang jelek-jelek dalam hidup gue. Ibadah gue kurang oke kali ya ampe nyumpah-nyumpahin orang. Sampai sekarang pun kalau keingetan tuh, masih menyimpan rasa dendam yang sangat teramat dalam.

Begini ceritanya. Gue beli wagyu stick dengan pecahan uang 1000 Yen. Gue kasih uangnya, si penjual kasih dagingnya, kemudian dia melayani pembeli lain. Ngeh nggak ada yang aneh? Gue belum dikasih kembalian.

Jadinya ya gue minta dong, "Bang kembaliannya belum." Lo tau apa jawaban si pedagang sialan itu?

"知らん。"

"Nggak tauk."

KAMPRET BANGET KAN?!!

Gue jelasin baik-baik kalau tadi gue bayar pake uang 1000 Yen, dan belum dikasih kembaliannya. Si pedagang bangsat itu tetap jawab kaga tau. Kan bikin emosi. Gue tetep ngotot, karena uang gopek tuh berharga banget meeeenn!! Apalagi keadaan keuangan gue saat itu bener-bener lagi mepet banget. Tapi dia tetep jawab kagak tau, udah kagak inget, ampe-ampe dia malah nanya, "emang lo siapa sih?" EBUSET NGAJAK RIBUT!!!! Terus dia bilang ke gue kayak gini, "lo tau nggak udah berapa kali gue ditipu kayak gitu ama orang-orang kayak lu?"

Oh.

Jadi gue dikira penipu ama dia.

ASDFGHJKL!!!!

Makin emosi lah gue. Die yang lupa ngasih kembalian, ngapa jadi gue yang dituduh mau nipu ==a

Sempet terjadi adu mulut antara gue dan si pedagang bangsat itu. Dan dia tetep bilang kaga tau. Well, gue nggak peduli mau dia sering kena tipu kek atau apa kek, gue cuma mau duit gue. Tapi dia tetep ngotot kaga tauk. Akhirnya gue balikin aja itu daging. Makan tuh duit 1000 Yen yang bukan hak lo!! Gue ampe apal ama mukanya. Dan bersumpah, kalau gue ada kesempatan ke sana lagi, dan dia masih aja jualan wagyu, bakal beneran gue tipu! Gue beli satu, tapi pas dia ngasih dagingnya gue bakal bilang kalo gue tuh beli dua. Penasaran, dia bakal inget nggak gue ngasih duitnya berapa.

Emosi, mood gue udah keburu jelek. Gue jadinya cuma liat-liat sekitar depan gerbang kuil doang. Sembari nyumpahin pedagang bangsat itu biar diikutin dewa kemiskinan seumur hidupnya atau nggak sesegera mungkin dapet karma hari itu juga.


Pas turun ke bawah, berusaha untuk mengembalikan mood gue yang udah ancur lebur, gue beli sate kepiting. Enyak. Abis itu beli beberapa jajanan yang lain. Enyak. Makan es serut yang esnya itu dari sari buah asli. Enyak banget dan adem. Nggak mau lama-lama di sana, ya udah deh gue langsung ke stasiun Kyoto aja. Mumpung masih ada waktu, gue bisa jalan-jalan gejeh dulu ke Shoseien, taman ala Jepang yang satu bagian dari Higashi Honganji tapi ada di komplek yang berbeda. Di hari kedua kan gue nggak bisa ke sana tuh karena nggak ada waktu.


Seperti yang udah gue jelasin di post sebelum ini, Shoseien ini bekas tempat tinggal salah satu keluarga kaisar. Sekarang sering dijadikan tempat untuk upacara minum teh. Ada sekitar empat tea house di taman ini. Tamannya sendiri luaaaaass banget. Pastinya juga indah banget.

Taman ini bisa dinikmati di berbagai musim. Kalau musim semi, lo bakal menikmati pemandangan bunga sakura mekar di mana-mana. Sedangkan di musim gugur, lo bisa liat pemandangan pepohonan yang menguning untuk kemudian gugur menyambut musim dingin. Sayangnya waktu itu tuh baru aja selesai musim panas, baru mau masuk musim gugur. Jadinya kayak nanggung gitu. Cuma bisa menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan hati.

Mayan kan tadi hati gue super panas kebakar amarah.


Salah satu spot yang menarik perhatian gue adalah jembatan ini. Namanya Kaitourou (回楨廊). Katanya dibangun untuk menikmati Tsukimi. Kalau musim gugur pasti indah banget deh momiji-nya...

Selain itu yang menarik adalah tea house di atas bukit kecil. Ngeliatnya jadi kepengen bikin fanfic dengan karakter utama yang tinggal di sebuah rumah ala rumah tradisional Jepang kayak tea house itu. Wakakakakak. Asa tenang banget kalau tinggal di tempat kayak gitu.


Enak banget nyantai di taman ini. Yah, akan lebih bagus lagi kalau datengnya pas lagi ada bunga yang mekar atau momiji. Musim dingnin juga kayaknya bagus dengan salju di antara ranting pepohonan. Kurang tau juga sih Kyoto pas musim dingin tuh kayak gimana. Kalau Kawasaki dan Tokyo kota kan jaraaaaaang banget saljunya.

Oh, gue lupa bilang biaya masuk Shoseien ini 500 Yen. Bukan biaya masuk sih, kayak semacam donasi gitu untuk merawat keindahan taman.

Begitu lah kira-kira liburan gue di Kyoto dan USJ. Saran gue, kalau lagi jajan jangan lupa minta kembalian dulu. Kalau nggak nanti lo dikira penipu wakakakakakakak. Pedagang bangsat.

0 Comments