Apabila Bertemu Diri Sendiri Sepuluh Tahun yang Lalu


こんばんちわ♪

Selama di Depok jadi jarang banget nge-blog astagaaaaa. Mualesnya parah banget deh. Udah gitu nggak ngerti kenapa kalau udah akhir minggu sekalipun nyalain laptop cuma fokus nonton doang orz. Ampe udah puasa udah mau kelar gini ya haha. Eh, tapi gue puasa di kampung halaman euy! Bisa buka puasa dengan kolak biji salak tertjinta hehe.

Lanjoooot~

Kemaren sih ya! Gue iseng jalan-jalan ke Kota Tua. Pasti banyak yang mikir ngapain coba puasa-puasa gini ke Kota Tua. Panas banget pula kan ya. Eh, tapi justru cukup menyenangkan lho. Soalnya nggak ada orang. Bener-bener sepi pengunjung. Jadi malah bisa poto-poto dengan leluasa.

Tujuan gue ke sana sih, penasaran dengan spot instagramable yang lagi terkenal. Poto-poto sebentar di sana, sebelum ke tujuan utamanya. Apa tujuan utamanya? Pokoknya gue bosen di rumah, pengen maen, ya udah sekalian aja buka puasa di luar. Kebetulan lagi pengen banget makan pasta di Pancious.


Tapi memang karena panas banget, dan sepupu gue itu anti banget ama panas, sebentar banget deh di sana. Diburu waktu ngantri buka puasa di restoran huhu. Lumayan sih hasilnya~ Well, kapan-kapan coba ke sana lagi dan mencari angle yang lebih bagus!

Udah?

Iya, udah gitu doang.

/krik

Karena memang tidak ada hal yang menarik seputar keseharian. Bahkan mungkin nggak ada yang mau tau juga tentang keseharian gue......

Ada sebuah pertanyaan menarik di Quora, yaitu Apa kira-kira reaksi dari dirimu sepuluh tahun yang lalu apabila bertemu dengan dirimu saat ini? Pengen jawab di sana, tapi kok ya males banget setelah mengetahui di Quora teh sebegitu pentingnya memakai nama asli. Gue kan punya aturan hidup di mana jangan memakai nama asli di internet. Quora sekalipun. Haha~

Jadi coba posting di sini aja deh!

Sepuluh tahun yang lalu, berarti umur gue 18 tahun. Wow muda sekali! Mahasiswi desain grafis tahun kedua. Tahun 2009 sih saat-saat di mana akhirnya gue nyentuh Facebook. Dulu tuh gue bener-bener cuma main Friendster doang ama blog. Sampai akhirnya nyerah, bikin akun Facebook. Setahun kemudian baru nyentuh Twitter. Lagi sibuk-sibuknya pengirling Daiki. Bucin banget deh pokoknya ampe beli uchiwa haha. Uchiwa dari spring concert 2009. Jaman-jaman uchiwa masih diisi penuh ama muka. Inget banget dulu pas uchiwa sudah di tangan, wajah daiki tampak sangat berkilauan.

Dipersilakan untuk memuntahkan pelangi.

Lalu, bagaimana reaksi seorang Chika 10 tahun yang lalu kalau bertemu dengan dirinya di tahun 2019?

IDIH GUE BISA GEMUK JUGA HAHAHAHAHAHAHAHHA

Reaksi gue pun kemungkinan seperti ini,

IDIH GUE DULU BENERAN TULANG DOANG HAHAHAHAHHAHAHAHA
KUMEL BANGET PULA

Begitulah.

Sebenernya udah ngetik cukup panjang mengenai perjalanan hidup selama sepuluh tahun terakhir, tapi setelah dipikir-pikir, kemungkinan gue nggak mau cerita itu semua. Kenapa? Karena yang paling kenal diri sendiri itu adalah diri sendiri. Kalau gue kasih tau, gue jamin Chika sepuluh tahun yang lalu nggak akan berusaha. Ada satu kejadian penting yang sedang gue alami di tahun itu. Kalau gue yang sekarang ikut campur, kemungkinan perjalanan hidup gue akan seperti yang sekarang gue alami. Persis seperti potongan lirik lagu Jiyoung yang berjudul Suki na Hito ga Iru Koto,

でも人生は奇跡の組み合わせ
一つでも違えば何もかも変わっちゃうの
demo jinsei wa kiseki no kumiawase
hitotsu demo chigaeba nanimo kamo kawacchau no

karena kehidupan merupakan perpaduan dari berbagai keajaiban
satu saja ada yang berbeda, akan mengubah segala-galanya

Jadi kalaupun bertemu, yang paling terlihat ya penampilan luar. Sepuluh tahun kemudian, seorang Chika berhasil menambah berat badannya. Sepuluh tahun kemudian, seorang Chika memiliki rambut yang setidaknya sedikit lebih mudah diatur dibanding sepuluh tahun yang lalu. Sepuluh tahun kemudian, kulitnya lebih terurus. Sepuluh tahun kemudian, gaya berpakaiannya pun berubah.

Satu-satunya yang mungkin akan gue kasih tau, kemungkinan besar adalah, "kita berhasil bertemu Airi lho". Gue jamin, Chika sepuluh tahun yang lalu akan histeris dengernya.

APAAAAAAAA????? GUE BERHASIL KETEMU AIRI???? AIRI?? AIRI YANG ITU KAN?? SUZUKI AIRI? SERIUS BUKAN NONTON KONSER DOANGAN TAPI KETEMU?? BENERAN YANG TATAP MUKA? WADEFAK!!!!!!!!

Pasti bakal kayak gitu. Bagaimana cara gue bisa ketemu? Nggak akan gue kasih tau =)) Well, dari satu fakta tersebut aja, udah bisa menjelaskan banyak hal, terutama cita-cita luhur jaman SMP. Oh, sepuluh taun kemudian, entah tepatnya kapan, gue berhasil ke Jepang. Sekolah kah? Kerja kah? Jalan-jalan kah? Tapi yang pasti gue berhasil ke tanah suci para otaku.

Kemudian untuk masalah yang sedang gue hadapi sepuluh tahun yang lalu, gue cuma bisa bilang, "sesekali egois nggak masalah kok". Tetap lakukan segala hal yang disuka seperti biasa. Download berbagai konten fandom, begadang demi bikin layout blog yang sesuai selera, dateng ke berbagai event. Nggak ada yang menyangka, hobi-hobi nggak penting yang selalu gue lakukan dulu itu sangat berguna di kehidupan gue sekarang.

Ah, ada satu wejangan penting. "Lunasi hutangmu sesegera mungkin. Kalau nggak, lo akan menyesal seumur hidup."

Kehidupan lo selama sepuluh tahun kedepan, sangat menyenangkan kok. Walapun penuh drama juga. Masalah yang sedang lo hadapi saat ini akan selesai kok. Walau memang hampir menghancurkan hidup lo. Setelah itu pun bukannya hidup lo lempeng-lempeng aja. Masalah akan terus datang silih berganti. Jalani aja. Hadapi aja. Tetap jadi diri lo yang biasa. Lo akan bertemu dengan teman yang sangat baik sekali yang sanggup bikin hidup lo penuh warna. Oh, bahkan mungkin sekarang ini sudah bertemu dengan mereka. Mereka baik banget. Dijaga baik-baik ya. Hubungan lo dengan teman-teman SMA pun baik-baik aja. Kalian hebat, udah jadi ibu-ibu pun tetap kumpul dan tertawa bersama. Dari sudut pandang gue, lo kuat juga ternyata. Walaupun gue saat ini masih menyangsikan kalau diri ini kuat. Tapi setelah dipikir-pikir, merupakan sebuah keajaiban saat ini lo, gue, kita bisa berdiri tegak.

Kenapa malah jadi nangis ngetik ginian......

0 Comments