Buono! Live 2017 ~Pienezza!~


never end and last forever...

Pernah ngalamin fandom-nya berakhir? Kemarin, baru aja gue merasakan yang namanya akhir dari sebuah fandom. Hari terakhir Buono!.

Kemarin itu gue ambil cuti setengah hari, dan jujur aja, sama sekali nggak konsen kerja. Nggak ada satu pun yang selesai gue kerjain saking otak gue keburu sibuk dengan konser Buono!. Nunggu jam istirahat masuk tuh berasanya lamaaaa banget. Begitu bel bunyi, langsung buru-buru deh tuh buang sampah, siap-siap pulang. Gue nggak langsung ke venue btw, pulang dulu ke rumah. Makan siang dulu, cuci muka dulu, baru jalan =)) Kalau nggak makan mana sanggup lah entar ngantri goodies.

Selama perjalana ke Yokohama Arena, gue muter playlist khusus Buono!. Well, udah beberapa hari ini selalu denger lagu-lagu mereka sih. Nonton berbagai DVD mereka, terus sesenggukan sendiri kalau inget mereka udah mau bubaran. Fandom terbesar dalam hidup gue. Di dalem kereta aja gue cuma bisa bengong sambil dengerin lagu-lagu mereka. Yang namanya semangat banget mau nonton konser dari grup kesukaan dan perasaan sedih karena sebentar lagi konser terakhir mereka akan segera dimulai.

Nyampe stasiun Shin-Yokohama, di depannya udah ada aja yang jualan penlight =)) Aji mumpung lah ya bang! Turun ke Yokohama Arena, astaga, udah ngeliat antrian aja. Ternyata bukan antrian goodies sih. Antrian untuk yang mau gabung ke fanclub. Di sebelahnya baru ada goodies. Untungnya karena loketnya banyak banget, jadi antriannya nggak parah. Tinggal panasnya aja tuh yang menyengat banget. Lalu abis-abisan deh gue beli goodies =)) Nggak bisa nahan kalo udah tentang Buono! mah.

Abis itu ngegejeh aja sih nunggu jam buka venue. Terus ada pesan masuk dari orang kantor yang sama-sama harowota, dia lagi di jalan dari kantor. Dia nggak bisa ngambil cuti setengah hari karena keburu ada rapat. Untungnya bisa pulang cepet. Jadi lah gue masuk antrian lagi karena dia takut keabisan goodies. Dan bener aja lho, handuk Buono! udah abis aja. Jadinya dia cuma bisa beli original penlight dan visual book.

OH! Ngomong-ngnomong goodies, entah gimana ceritanya, entah kesambet apa, gue beli POTO dong! Beneran iseng. Pertama beli dua lembar. Dapet Buono! satu dan Momo satu. Abis itu, setelah proses konsultasi dengan teman apakah gue harus beli visual book atau tidak, akhirnya gue kembali ke booth goodies untuk beli visual book dan satu lembar poto. Eh, itu poto dapetnya Miya. Saat itu juga tuh rasanya pengen banget teriak, "JADI MAKSUD LO GUE HARUS BELI SATU LAGI GITU BIAR DAPET AIRI TERUS JADI LENGKAP?!!". Emosi gila. Harganya mahal cuy! Nggak semurah photo collection Handsome Team. Ditambah lagi temen minta nitip beliin goodies kan, jadi balik lagi deh gue buat beli goodies titipan si temen itu, dan kembali tergoda dengan poto langsat itu. Eh, belum sempet ngambil, itu poto-potonya diambil dong ama staff. Sepertinya karena udah mau jam buka venue, jadi selesai gitu penjualannya. Atau mungkin Tuhan sedang berusaha melindungi keadaan keuangan gue karena masih ada aja kok yang beli.

Maafkan penggemar keremu ini Airi, yang nggak sanggup buat beli potomu.

Singkat cerita, temen kantor gue itu sampai, lalu kita ngatri untuk masuk venue. Di situ emosi gue udah campur aduk. Tension pun mulai naik. Gue bener-bener bersyukur banget ada di Jepang pas konser terakhir mereka. Bayangin kalau di Indonesia, ya mana bisa nonton kan. Gue pun bukan orang-orang yang kebanyakan duit ataupun orang-orang yang jago nabung sehingga bisa terbang ke Jepang demi menonton sebuah konser. Masuk ke venue, gue dan temen gue itu pun pisah. Kita beli tiketnya masing-masing, nggak barengan =)) Gue di arena, dia di stand.

FYI, biasanya yang namanya arena itu tempat duduk yang bagus, tapi di Yokohama Arena, area arena teh lantai dua. Yang di bawah itu namanya center. Gue udah nyari-nyari tiket yang center, tapi mahal-mahal banget euy. Nggak sanggup lah. Akhirnya ubek-ubek, kira-kira area arena mana yang paling oke. Karena kan tiap bentuk panggung, tempat strategisnya beda-beda. Akhirnya gue putuskan beli area arena F. Betapa beruntungnya ternyata konser kemarin itu center stage. Jadi ya mau duduk di mana juga keliatan jelas semua. Ya emang nggak deket sih, tapi kan yang penting terlihat jelas. Toh gue juga bawa teropong haha.

Dan konser pun dimulai.

Diawali dengan video mereka bertiga jadi staff sebuah restoran Italia yang sedang menyambut para pengunjung restoran. Setelah itu mulai terdengar intro yang sangat sangat tidak asing di kuping gue. Iya lah, gimana ceritanya ada lagu Buono! yang gue nggak tau. Renai ❤ Rider jadi lagu pembuka konser terakhir mereka. Jangan heran kalau gue langsung jingkrak-jingkrakan. Saat itu bahkan gue udah nggak mikirin orang di belakang gue. Gue cuma kelewat semangat dengan lagu-lagu Buono!.

Setelah lagu Bravo☆Bravo dan Janakya Monttainai!, main grup dari masing-masing member tempil. Pertama PINK CRES, lagu-lagunya catchy juga ternyata ya. Nanti download ah. /woy! Selanjutnya Country Girls, CHIICHAN MUCCHA KAWAII!!!!! Sayangnya, mereka nyanyi lagunya yang tipikal lagu idol kayak Peanut Butter Jelly Love. Gue lebih berharap mereka bawain semacam Dou datte Ii no atau Good Boy Bad Girl. Yah, mungkin kalau menurut Momo buat menyeimbangkan lagu-lagu Buono! yang pop rock. Terakhir adalah ℃-ute!! Betapa beruntungnya gue masih bisa mendengar Curtain Rises untuk kedua kalinya—untuk terakhir kalinya.

Sebelum Buono! kembali tampil, penonton kembali disuguhi sebuah VTR. Kali ini mereka lagi kilas balik beberapa video-video jadul dari iklan Pizza-La, sampai penampilan mereka di konser-konser terdahulu. And guess what? SETELAH ITU MEREKA KEMBALI MEMBAWAKAN NAKIMUSHI SHOUNEN SAMBIL NGE-BAND!!! GILAGILAGILAGILAGILAGILA Nggak nyangka gue ternyata bisa dapet kesempatan buat nonton Buono! nge-band. Dan yang sekarang jauuuuh lebih bagus dibanding dulu yang super busuk itu. Momo keren abis main drumnya!!!

Pas mereka mulai bawain medley lagu-lagu jadul, semuanya lagu jadul sih haha, di lagu Goal, akhirnya gue dibikin nangis juga. Dari awal mulai konser gue rada bingung soalnya. Begitu intro lagu pertama dimainkan, perasaan sedih nggak mau Buono! selesai tuh ilang sama sekali. Yang ada cuma gue yang akhirnya bisa menikmati suasana konser mereka secara langsung, bukan dari layar laptop. Tapi begitu denger Goal, yassalam. Gue suka banget dengan lagu Goal. Salah satu lagu yang suka gue setel ketika down. Dengan liriknya yang, yah, begitulah~ Air mata gue mengalir tanpa bisa berenti. Dari situ semua lagu bikin gue nangis. Apalagi tiga lagu yang dibawakan dengan acoustic. Makin tambah parah.

Di MC-talk, Airi sempet bilang kalau dia nggak ngerti kenapa kok hari ini harus banget jadi hari terakhir. Kenapa kok Buono! harus berakhir. GUE PUN SELALU MENANYAKAN HAL YANG SAMA BEGITU MOMO BILANG AKAN BERENTI. Tadinya gue pikir gue akan tetap bisa menikmati Buono! Nggak masalah kok mau rilisannya beberapa taun sekali. Dengan ℃-ute bubar, nggak rela juga sih ℃-ute bubar, gue pikir Airi bisa fokus ke Buono!. Eh tau-tau Miya buka audisi mau ngebentuk grup baru. Dan yang paling fatal, Momo akan berhenti dari dunia entertainment. Yah, ini mah udah nggak ada harapan lagi untuk Buono!.

Lagu pertama yang mereka bawakan ketika encore adalah Last Forever. Pedih banget dengernya. Sotsugyou shiki ga owareba minna, sayounara. YA GIMANA GUE NGGAK BAKAL NANGIS COBA wOAO)w Dan betapa indahnya mereka mengakhiri konser terakhir mereka dengan Kiss! Kiss! Kiss! dan Hontou no Jibun.

Di Kiss! Kiss! Kiss!, gue bener-bener yang teriak-teriak sekenceng mungkin. Sedangkan di Hontou no Jibun, gue ikutan joget sesuai koreografinya. Bring back so much memories. Ketika pertama kali gue baca berita akan ada unit baru anggotanya terdiri dari Momoko Tsugunaga, Miyabi Natsuyaki dan Airi Suzuki. Unit itu akan mengisi soundtrack serial animasi Shugo Chara. Wah, kebetulan, gue juga suka baca komiknya. Wah, lagunya bagus. Wah, live mereka oke banget. Wah, DVD Magazine mereka seru banget. Wah, ini dia kami-group gue!!

Jujur, di konser kemarin pas Momo bilang kalau Buono! itu udah ada 10 taun dari sejak dibentuk, gue kaget. Lah iya ya, udah 10 taun aja. Cuma 10 taun ternyata umurnya. Selama 10 taun itu, ada gue yang lagi giat-giatnya belajar bahasa Jepang. Ada gue yang lagi puyeng-puyengnya ngerjain tugas-tugas nirmana. Ada gue yang lagi seneng-senengnya dengan web design. Ada gue yang lagi galau-galaunya dengan masa depan. Ada gue yang lagi nggak serius magang. Ada gue yang akhirnya kesampaian buat ke Jepang. Ada gue yang akhirnya bisa pindah ke Jepang. Dan semua itu ditemani dengan lagu-lagu dari Buono!. Gue banyak belajar bahasa Jepang dari DVD-DVD Buono!. Wajar kan kalau Buono! itu beda banget dengan idol group lain yang gue suka?

Thanks for these past 10 years.
Buono!伝説は永遠に!
お疲れさまでした。

0 Comments