Bocah Panda dan Nippon


Kyahhooooooo~♪

Kali ini iseng aja sih mau mencoba cerita kisah gue bertemu dengan jurang dunia jejepangan. Nggak gitu ada yang spesial sih, cuma karena lagi kepengen apdet blog tapi nggak ada bahan. Selain itu, karena dari dulu tuh udah kepengen banget sebenernya nulis tentang hal ini. Jadi, nggak usah sok basa-basi, seakan-akan gue jago nulis aja...

Pertemuan pertama gue, mungkin nggak jauh beda dengan anak seumuran gue, yaitu dari kartun-kartun Jepang. Anak-anak yang lahir di tahun akhir 80-an sampai 90-an pasti masa kecilnya akrab banget dengan kartun Jepang. Apalagi di hari Minggu, full dari pagi sampai waktu berita siang, televisi dari channel manapun pasti dipenuhi dengan kartun Jepang. Iya, gue tau kok yang bukan Jepang juga ada kayak Power Puff Girls atau Ben10. Yang kebetulan salty ama anime, nggak usah protes. Udah banyak banget kan ya meme yang ngomongin tentang ini. Jadi, waktu kecil dulu itu kalau mau mandi di hari minggu pilihannya ya antara mandi habis subuh atau setelah dzuhur =)) Selain hari Minggu, sore hari Senin - Jumat pun juga dihiasi dengan kartun Jepang. Salah satu setan bagi anak-anak Muslim untuk pergi mengaji atau shalat magrib =))

Nah, dari sekian banyak kartun Jepang yang tayang di Indonesia dahulu kala, satu kartun yang bikin gue tertarik untuk ke Jepang adalah Digimon Adventure.


Gue masih inget banget pas Digimon tayang di Indosiar itu gue masih kelas 4 SD. Saat itu gue pengen banget ke Odaiba, kota pertama di jepang yang gue tau setelah Tokyo =)) Alasannya? Karena saat itu, perhatikan baik-baik saat kelas 4 SD, gue percaya kalau Digimon itu beneran ada di Jepang dan pintu portal menuju Dunia Digital ada di Odaiba. Gue tau kok kalau kartun berjudul Digimon Adventure itu cuma fiktif belaka, hanya sebuah cerita karangan. Tapi kalau Digimonnya, gue yakin banget kalau makhluk itu tuh beneran ada di Jepang. Karena itu gue pengen banget bisa ke Jepang. Kamu udah 9 tahun tapi kok ya polos banget sih dek, astaga...

Entah kapan gue sadar kalau itu semua, termasuk monster-monsternya, hanya khayalan belaka. Bahkan nggak ada ingatan gue siyok gitu misalnya karena mengetahui kalau Digimon itu nggak ada. Yang tersisa di ingatan gue cuma, kok bisa sih bocah 9 tahun yang harusnya udah bisa bedain mana yang khayalan mana yang beneran, malah percaya kalau Digimon beneran ada di dunia ini =))

Cerita terus bergulir sampai akhirnya si bocah panda masuk SMP. Di sini dia rada susah untuk bergaul karena anak cewek seumurannya itu sewajarnya mulai suka dengan artis-artis yang lagi terkenal dan mulai nggak nonton kartun lagi karena udah masuk masa-masa puberty jadi mulai nggak tertarik lagi dengan kartun. Sedangkan gue? Tetep aja lebih suka nonton kartun dibanding nonton MTV atau drama barat. Diperparah dengan adanya rental komik di dekat SMP. Di saat ini lah, gue mulai sering banget berantem ama si emak karena kerjaan gue cuma baca komik doang dan mulai belajar bahasa Jepang.

Gue mulai belajar bahasa Jepang itu kelas 2 SMP. Pas kelas 2, kebetulan banget satu kelas dengan orang yang sama-sama suka dengan kartun Jepang, bahkan sama-sama suka banget banget banget dengan Digimon! Dan dia ini bener-bener yang rutin baca Animonster dan majalah-majalah jejepangan lainnya. Dia bahkan udah bisa bahasa Jepang! Mulai saat itu, gue akhirnya mengalokasikan duit jajan gue yang biasanya cuma buat beli komik doang, juga untuk membeli Animonster dan kaset-kaset Ayumi Hamasaki. Semenjak dapet lagu-lagu kartun dari si temen itu dan baca-baca majalah, gue jadi suka dengan Ayumi Hamasaki.

Di kaset-kaset Ayumi itu, ada lirik asli yang masih ditulis dengan aksara Jepang. Jadi lah gue beli sebuah buku untuk belajar bahasa Jepang dan sebuah kamus. Selain itu sih sebenernya udah terstimulasi juga karena temen gue itu udah jago aja bahasa Jepangnya... Btw buku yang gue beli itu judulnya Bahasa Jepang untuk Pemula karangan Herpinus Simanjuntak. Harganya murah banget untuk gue yang masih SMP saat itu dan penjelasannya pun sangat mudah dimengerti. Buku ini hanya membahas grammar, jadi untuk belajar aksaranya, gue cari dari sumber lain.

Di kelas 2 SMP ini juga gue bertemu dengan Morning Musume! Waktu itu tuh dipinjemin majalah Anima, mau copy lirik-lirik lagu yang ada di edisi saat itu. Kebetulan ada artikel tentang Morning Musume. Pas baca tentang Morning Musume, gue tertarik dengan bagian "lima orang yang gagal lolos audisi, dikumpulkan dalam satu grup, diberi syarat harus bisa menjual 50000 keping untuk debut, dan jadi jauh lebih sukses dibanding si pemenang audisi". Selain itu jatuh hati dengan Tsuji-Kago setelah baca berbagai kelakuan absurd mereka =)) Dari sini, setiap beli majalah pasti ngecek berita-berita dari Morning Musume atau Hello! Project.


Mari kita kesampingkan dulu kisah indah gue bersama Hello! Project. Niat gue pengen bikin post yang berbeda lagi khusus Hello! Project. Intinya, semenjak pertemuan gue dengan temen di SMP itu bikin dunia gue nggak jauh-jauh dari jejepangan, dan gue jadi semakin mantap dengan tujuan hidup gue untuk jadi penerjemah komik Jepang dan sekolah beasiswa ke Jepang.

Gue mulai serius belajar bahasa Jepang. Grammar, kanji, listening, semuanya gue lakukan secara otodidak. Apalagi semenjak ada koneksi internet di rumah, makin gandrung deh nonton berbagai macam tv show, drama dan film Jepang. Dan gue menemukan cara belajar bahasa paling efektif untuk diri gue yang super pemalas. Menonton. Dengan nonton tv show dan drama, gue bisa dengan mudah menangkap penggunaan partikel-partikel, cara ngomong, penggunaan kosa kata dengan mudah. Gue pribadi sih nggak gitu merekomendasikan kartun, kecuali yang genrenya slice of life, atau yang semacam Meitantei Conan karena bahasa yang dipakai adalah bahasa sehari-hari. Sedangkan kartun sendiri banyak yang masing-masing karakter punya gaya bahasa sendiri yang mungkin kalau baru belajar, bisa-bisa tanpa sengaja kita meniru bahasa karakter-karakter tersebut.

Tapi, belajar bahasa Jepang doang nggak cukup. Yang namanya beasiswa ke Jepang itu susahnya bukan main deh. Ditambah gue males, dan sangat sadar akan kemalasan diri ini separah apa, tapi nggak mau berubah. /plak! Tapi usaha gue harus berhenti karena kalau mau ikut Monbukagakusho, gue harus ngambil jurusan eksak karena di SMA gue penjurusannya IPA. Sedangkan gue pengen menjauh dari yang namanya IPA. Jadi, pas kelas 1 SMA, gue mikirnya kalau masuk IPA nanti pas SMPTN peluang gue lebih besar untuk masuk jurusan apapun. Padahal mah nggak suka banget sama IPA. Hahahahah. Waktu itu juga nggak masuk IPS karena jauh lebih bego lagi kalau disuruh belajar IPS, mending gue ngitung dan main logika daripada main teori nggak pasti.

Skip masalah penjurusan SMA.

Akhirnya setelah lulus SMA, gue masuk jurusan desain grafis. Makin ngaco? YESH! Manusia nggak bisa gambar ditambah nggak kreatif sama sekali bisa-bisanya masuk desain grafis. Waktu itu ada program apa sih namanya itu yang nggak pakai test, jadi rekomendasi gitu dari sekolah, eh nggak nyangka gue yang dapet! Padahal masih banyak yang nilainya jauh di atas gue. Tapi ya gitu deh, emang suka banget sih desain grafis. Berharap bisa belajar web design, eh ternyata desain grafis di PNJ teh bawahannya Teknik Grafika. Percetakan. Ya mana belajar css atau javascript, adanya belajar layout buku dan jenis-jenis kertas. Sampai akhirnya gue memutuskan untuk pindah ke sastra Jepang. Ampe perang lho di rumah cuma karena ginian doang.

Akhirnya tahun 2010, gue resmi menjadi mahasiswi Unsada jurusan sastra Jepang, yang nggak akan pernah gue rekomendasikan ke siapapun yang mau belajar bahasa Jepang. Mau masuk sastra Jepang? Belajar lah yang giat biar bisa masuk UI, Unpad, atau mungkin kalau punya banyak duit, ke Binus aja. Jangan masuk Unsada. Dosennya gede ambek semua~

Nah, setelah masuk sastra Jepang, gue mulai gencar mencari beasiswa ke Jepang. Monbu? Nyerah aja lah ama Monbukagakusho mah~ Entah kenapa, semacam tanggung jawabnya terlalu berat. Jadi nggak tertarik lagi dengan beasiswa beken ini. Tapi pernah sih ikut tesnya. Jadi ada satu dosen yang ngotot gue harus ikut. Padahal nilai-nilai gue nggak memenuhi syarat-syarat untuk dapet surat rekomendasi dari kampus. Tapi si dosen ini ngotot, dan bersedia bikin surat rekomendasi khusus buat gue. Yowes lah, ikutan deh tuh tesnya. Terus? TESNYA NAJIS AMIT-AMIT DEH SUSAHNYA!!! Yakin gue masih jauh lebih gampang N1 dibanding tes Monbu.

Setelah itu, gue liat ada program exchange satu tahun dari universitas apa tuh gue lupa namanya. Pokoknya tempatnya di Kobe. Wah, pas banget gue pun suka dengan Kansai. Eh, apa Osaka yak ==a Daftar deh tuh kan. Nah, untuk pertama kalinya gue merasakan kegagalan sampai busuk-busuknya manusia muncul di otak gue. Bukan masalah gue nggak lolos yang bikin gue nangis parah begitu nyampe rumah dan masuk kamar.

Begini ceritanya, jadi gue dijadiin cadangan. Kalau-kalau yang lolos ini ada masalah yang bikin dia nggak bisa ke Jepang, gue deh yang bakal gantiin. Kesel? IYA LAH! Mending nggak usah lolos sekalian daripada dijadiin cadangan begitu. Tapi yang bikin gue ampe nangis di metro mini itu pemikiran yang muncul di otak gue, "coba tadi gue nggak nelpon dia kalau tes wawancara terakhir diadain sore ini, pasti gue deh yang ke Jepang".

Tes terakhirnya diadain mendadak gitu, beberapa jam setelah tes sebelumnya. Ya gue mah masih ngaso, ngumpul-ngumpul gejeh ama temen di kantin. Sedangkan dia bahkan udah nyantai-nyantai di rumah yang notabenenya jauh banget dari kampus. Setelah denger kalau tesnya bakal diadain beberapa jam lagi, gue dan temen-temen gue sibuk deh hubungi dia berbagai cara karena dia kan udah di rumah. Mana tau kan kalau tes selanjutnya tuh bakal diadain beberapa jam lagi. Nah, yang akhirnya berhasil menghubungi dia tuh gue. Bisa-bisanya gue mikir, "kalau gue nggak nelpon dia pasti gue yang dapet beasiswanya". Cuma karena nggak dapet beasiswa ke Jepang? Sumpah, jahat banget. Busuk banget pemikiran gue itu. Pas sadar, gue udah nangis di metro mini. Untung sepi penumpang ya astaga... Padahal mah emang karena bukan rejeki. Beasiswa itu bukan jalan hidup gue.

Hebatnya, sesampainya di rumah setelah shalat, pikiran gue kayak dibuka gitu. Hidup gue yang selama ini mengejar-ngejar Jepang, jadi lebih ringan. Gue udah nggak peduli lagi dengan Jepang. Tujuan hidup gue berubah, gue cuma mau bahagia. Di mana pun gue berada, apa pun yang gue lakukan, gue harus bahagia. Nggak ada lagi ambisi-ambisi aneh yang membebani hidup gue. Yah, tipikal pembelaan orang-orang gagal dalam hidup sih. Tapi beneran jadi enteng banget lho hidup gue. Gue udah nggak lagi ngeliat ke atas. Gue cuma liat ke depan. Apa pun yang ada di depan gue, bakal gue terima dengan lapang dada. Gue berubah menjadi seseorang yang lebih mudah bersyukur dalam berbagai keadaan. Dan gue puas dengan hal itu.

Jepang? Kumpulin duit aja lah buat kapan-kapan wisata ke sana =))

Setelah itu gue cuma ikut berbagai macam program magang demi memperindah CV dan fokus ke skripsi, sampai suatu ketika ada program magang IT ke Jepang. WAU! Udah gue bilang kan ya kalau gue suka web design? Daftar deh tuh gue. Saat itu gue lagi magang di sebuah pabrik kamera Jepang. Minta liburnya rempong demi haha. Tapi akhirnya gue ikut wawancara. Dan voila!! GUE LOLOS PROGRAM MAGANG TERSEBUT!!!! Lucu kan yang namanya hidup? Ketika lo udah menyerah akan sesuatu, lo baru dikasih izin untuk mendapatkan hal itu. Iza mairu! Chika in Japan!!!

Setibanya di Jepang tuh bener-bener nggak nyangka banget. Orang bloon super pemalas kayak gue akhirnya bisa sampai di tanah suci bagi para otaku di seluruh dunia. Bahkan tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Program magangnya pun menyenangkan karena magangnya ini bukan kerja. Tapi belajar pemrograman yang sedikitnya gue udah kenal. Udah gitu bosnya tuh baik banget. Super duper pelit, tapi baik. Kita diajak jalan kesana-kemari. Pas makan siang ditraktir sushi. Yang kemudian diketahui kalau itu tuh termasuk murah banget haha. Dan yang paling nggak disangka-sangka adalah, gue ditawari untuk bekerja di perusahaan tersebut.

WAWAWAWAWAWAWAWAWAWAWAWAWAAWAWAAAAAAAA

Kapan lagi lo bisa kerja di Jepang, dengan bos super baik (walaupun kepala batu dan nyebelin banget), udah gitu bisa dengan leluasa shalat tanpa perlu tatapan aneh dari orang-orang di kantor karena pegawai-pegawainya pun nggak ada yang mempermasalahkan. Singkat cerita, ya di sini gue sekarang. Di sebuah kamar kecil di bilangan Kawasaki, Jepang. Hobi yang dulu selalu sukses bikin gue berantem dengan emak, bahkan bikin perang besar di rumah, bisa berakhir dengan indah. Yah, yang namanya hidup nggak ada yang tau sih ke depannya bakal kayak gimana. Walau terkadang empet juga ngoding mulu, tapi bisa dibilang gue puas dengan hidup gue sekarang.

Wau, jadi panjang banget gini =)) Hidup gue nggak bisa dijadiin contoh sih. Yah kerjaan gue cuma baca komik dan fangirling. Pas sekolah pun belajar ya kalau mau ada ulangan doang. Bahkan gue nggak yakin ada yang baca post ini hahahaha

0 Comments