Bocah Panda dan Hello! Project


Salah satu fandom terbesar gue adalah Hello! Project. Udah suka banget dari masih bocah smp, sampai udah lewat silver age kayak gini. Dan yang pasti belum akan berhenti menjadi penggemar.

Pertemuan pertama dengan Hello! Project itu di majalah Anima yang gue lupa edisi kapan, yang pasti cover depannya Shaman King dan cover belakangnya Morning Musume. Waktu itu pinjem dari temen karena mau copy lirik-lirik lagu Shaman King, lalu iseng baca artikel-artikel yang ada. Salah satunya artikel tentang Morning Musume. Sekali baca, gue langsung tertarik dengan grup ini karena dari yang gue baca di artikel tersebut Morning Musume ini awalnya merupakan kumpulan dari orang-orang yang gagal audisi. Mereka dikumpulkan dan diberi kesempatan untuk debut dengan syarat harus bisa menjual 50000 keping dalam waktu 5 hari. Hebatnya mereka berhasil menjual cd 50000 keping hanya dalam waktu 5 hari! Dan lebih hebatnya lagi, mereka menjadi legenda idol Jepang!! Kebayang kan dari yang gagal audisi, malah jadi jauh lebih hebat lagi dari yang lolos audisi.


Mulai saat itu, setiap baca majalah, pasti bakal nyari-nyari berita mengenai Hello! Project. Saat itu gue masih belum kenal internet. Plis lah, kelas 2 SMP, kudet, miskin pula. Nggak ada kesempatan sama sekali buat mengenal internet. Warnet terdekat pun adanya di dalam mall dekat sekolah. Itu pun satu jamnya 7000 Rupiah. Mahal banget kan? Dulu di Animonster ada kolom yang memperkenalkan beberapa website yang berguna untuk para pembacanya. Pengen banget browsing itu semua tapi nggak sanggup =((

Dari SMP itu, gue jadi seorang penggemar Hello! Project yang sama sekali belum pernah dengar satu pun lagu-lagunya. Kelas 2 SMA, baru lah untuk pertama kalinya gue bisa dengar lagu Hello! Project. Itu pun cuma satu lagu. Sebuah keajaiban, ada satu lagu Maki Goto yang nyasar di kumpulan lagu-lagu J-Rock di komputer temen gue. Genshoku Gal wa Hade ni Ikube! Lagu Hello! Project pertama. Heeee, suara Gomaki kayak gini toh! Itu lah kesan pertama gue karena akhirnya gue bisa juga dengernya walaupun cuma satu lagu. Nggak lama kemudian, pas lagi jalan-jalan ke mall, eh nemu toko yang menjual barang-barang hobi jejepangan. Di situ gue beli DVD konser The BEST of Japan Natsu ~ Aki '04. Kembali, untuk pertama kalinya gue bisa mendengar lagu-lagu Morning Musume, dan juga untuk pertama kalinya menonton konser mereka. Kesan pertama gue? MEREKA KEREN BANGET NARINYAAAA!! KONKON KAWAII! MIKITTY SUARANYA BENERAN OKE BANGET! MARIPPE ASLI BANGET KECILNYA! Heboh deh pokoknya =))

Pas SMA itu juga, gue baru bisa masuk ke dunia maya. Jaman di mana warnet akhirnya jadi 3000 Rupiah per jam. Selain itu, di rumah juga akhirnya dipasang koneksi internet! Alhasil berantem terus setiap bulan karena tagihan telepon yang membengkak, karena gue kerjaannya nonton Youtube mulu. Abis itu baru deh, mulai download macem-macem. Single, album, PV, DVD, poto-poto, semua yang bisa gue download saat itu, sebisa mungkin harus gue download. Nggak banyak sih. Maklum, bisa dipecat jadi anak nanti kalau download kebanyakan.

Banyak banget yang gue tonton di Youtube saat itu. Berbagai kelakuan absurd Tsuji-Kago misalnya. Berbekas banget di benak gue. Cuma baca artikelnya aja udah bikin gue ngakak-ngakak, apalagi pas beneran ditonton terutama Sayaka's Surprise English Lesson. ASTAGAAAAA!!! Kocak-kocak banget! Harusnya dibikin lagi tuh sekarang! Miki's Surprise English Lesson =))

Selain itu juga pas pertama kalinya gue liat penampakan dari Hello! Project Kids. Astaga, beneran kecil banget yak. Dulu pas SMP cuma baca beritanya. Itu pun kaget banget lah ada yang kelas 1 SD. Pas nonton di salah satu DVD konser, ngakak puas liat Maimai pakai sunglass meuni gede banget. Tahun 2007, Buono! dibentuk. Nggak butuh waktu lama, gue pun jadi penggemar berat trio ini. Selain karena ada Airi, lagu-lagunya yang rada berbeda dengan lagu-lagu Hello! Project kebanyakan, entah kenapa cocok banget di telinga gue. Udah gitu kelakuan mereka tuh beneran ajaib-ajaib banget! MUAHAHAHAHAHAHAHAHA


Jadi penggemar Hello! Project itu menyenangkan. Di masa kejayaannya. Gue seneng banget kalo udah baca berita-berita tentang Hello! Project. Entah itu kelulusan, angkatan baru, rekor penjualan baru, Kohaku, penghargaan. Rasanya bangga gitu jadi penggemar mereka. Tapi itu nggak berlangsung lama. Mulai tahun 2007 lah ya, rasanya ada yang aneh. Terutama ketika AKB48 mulai terkenal. Sedih banget rasanya nggak banyak orang yang nggak tau lagi tentang Hello! Project. Bahkan ampe ada yg ngira kalau Morning Musume udah bubar. Jahat ih T____T Yang biasanya konser di Yokoari atau SSA, mendadak jadi hall. S/mileage aja harus cukup puas dengan live house.

Ada saatnya ketika gue benci banget ama AKB48. Alasannya simple, karena mereka merebut spotlight Hello! Project. Padahal membernya aja banyak penggemarnya Hello! Project. Ah, tapi segera disadarkan sih kalau AKB48 sekalipun berjuang keras untuk bisa mencapai titik sekarang.

Nah, satu-satunya group yang merasakan jaman keemasannya Hello! Project, besok akan mengakhiri kegiatan mereka. Senin, 12 Juni, konser terakhir ℃-ute akan digelar. Gue seneng banget di mana-mana dibilangnya grup legendaris, atau idol yang dihormati para idol. Keren banget kan? Tapi tetep aja orang awam mah nggak kenal. Di situ gue bete banget. Udah mana gue nggak bisa nonton konsernya pula. Live viewing sekalipun.


Gue masih nggak terima ℃-ute bubar. Sampai saat ini gue masih berharap ℃-ute bisa jadi kayak Perfume. Sedikit lagi. Mungkin setahun atau dua tahun. Penjualannya mulai naik. Mulai suka tampil di acara-acara musik besar. Reaksi penonton pun bagus-bagus. Mereka juga mulai konser di venue besar. Bubar. Belom waktunya woy!! Keliatan banget kok kalau lima orang itu nggak rela kalau ℃-ute harus bubar.

Kenapa sih? Karena Maimai pulang bareng tetangganya yang kebetulan ketemu di jalan pulang? Karena Airi digosipin ama Fuuma? Karena Chiisa goukon bareng Tsuka-chan? Karena mereka udah cukup tua untuk jadi idol? Kenapa? Kenapa ℃-ute harus idol group? Kalau bukan idol group, mungkin nggak sih besok tuh bukan konser terakhkir? Mungkin nggak sih cuma akan berakhir sekadar sebagai konser pertama ℃-ute di SSA tanpa embel-embel "their very last concert"? Yah, mau gue ngebayangin berbagai macam plot, tetep aja ℃-ute akan bubar.

Tapi gue tetep akan jadi harowota. Nggak ada keinginan untuk berhenti. Walaupun Buono! bubar. Walaupun ℃-ute bubar. Walaupun Country Girls jadi aneh gitu. Masih ada Angerme. Momusu juga, mulai suka tampil di acara musik tahunan. Dua Factory group juga menjanjikan. Juice=Juice, maafkan saya kurang memperhataikan grup ini /plak. Tiga orang Kenshusei yang akan debut juga nggak kalah oke. Selama Hello! Project mau mempromosikan mereka semua, bukan cuma Morning Musume doang, harusnya bisa lah minimal jadi terkenal lagi. Nggak usah muluk-muluk ampe kayak jaman keemasan dulu. Cukup banyak yang kenal dan menjadi penggemar.

Karena Hello! Project itu nggak bisa dipungkiri, merupakan salah satu sejarah penting dalam dunia idol Jepang. Dan masih akan terus menorehkan berbagai mcaam hal lain dalam sejarah tersebut.

0 Comments