Kisah di Bulan Juni dan Idul Fitri 2017


Pertama-tama, izinkan saya mengucapkan selamat Idul Fitri tahun 2017! Semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadhan bisa memberikan berkah selama setahun ke depan, dan semoga tahun depan kita bisa bertemu lagi dengan bulan suci ini!

Back to blog post

KONBANCHIWAAAAAA!!! HAHAHAHAAHAHA!!!!

Sesuai dengan judul, "Kisah di Bulan Juni". Yap! Sesungguhnya banyaaaak banget yang dilakukan di bulan Juni. Tapi ya duh, bulan puasa cuy! Beneran yang males banget nyentuh laptop. Kenapa? Karena kan biasanya apdet blog malem-malem tuh. Nah, bulan puasa di musim panas itu subuhnya aja jam setengah tiga. Gue mau tidur jam berapa kalo pulang kerja masih harus apdet blog jugaaaa?? Ini aja entah berapa kali terpaksa skip sahur karena bangun pas adzan subuh. Bocah panda yang sangat kebo.

Karena itu lah, semuanya mau diceritakan di satu post blog ini.

1. Bukber di restoran Cabe, Meguro

Awal-awal Ramadhan, entah kenapa lagi kepengen banget makan masakan Indonesia. Alhasil ngajak satu anak LJump yang lagi di Jepang buat bukber di restoran Cabe yang ada di Meguro. Karena ramai banget, jadi lah kita ke Masjid Indonesia dulu yang baru aja dibuka sekalian shalat magrib di sana. Masjid ini ada di Meguro juga. Waktu itu gue baru pertama kali ke masjid Indonesia, jadi nggak tau jalan. Alhasil, temen gue itu kan yang nuntun jalannya. Selama di jalan kok ya familiar banget ama jalannya, dan ternyata masjidnya teh ada di satu lahan ama Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Saat itu informasi yang gue tau cuma kalau masjidnya itu kecil. Setelah tau kalau ternyata satu tempat dengan SRIT, beneran nggak kebayang bentuknya bakal kayak gimana. Karena di otak gue, emang di SRIT ada lahan yang bisa dipake bikin masjid? Begitu nyampe, astaga beneran sepetak hahahahahaha. Abis itu ya udah shalat magrib. Baru deh jalan ke Cabe untuk makan.

Restoran Cabe ini salah satu restoran Indonesia yang rasanya paling mendekati dengan rasa masakan Indonesia asli. Ada dua restoran Indonesia yang menurut gue enak. Selain restoran Cabe ini, satu lagi adalah Bagus Indonesian Kitchen di Osaka. Temen gue mesen soto ayam dan tahu isi. Sedangkan gue mesen siomay. Porsinya gede banget astaga. Padahal niatnya mesen siomay biar nanti bisa mesen makanan yang lain, tapi karena buanyak banget malah jadi kekenyangan haha.

2. Ngabuburit di Yokohama

Minggu berikutnya, gue ngabuburit gajeh ke Yokohama. Niatnya mau ke Yokohama Neko Bijutsukan. Website dalam bahasa Jepang. KUCING!!! Ya tapi, belum-belum gue udah nyasar hahahaha. Salahkan gugel! Beneran, kali ini gugel beneran ngaco.

Gini, kalo ngegugling tempat kan yang bakal langsung muncul tuh pinpoint dari petanya. Nah, gue udah pede aja langsung pilih directions. Ternyata alamat yang tertera di petanya si gugel itu SALAH! Barusan sih gue cek udah bener. Demi apapun juga, hari itu berkali-kali gue gugling tapi ternyata alamatnya ngaco. Meuni daerah Yamate itu nanjaknya astagaaaaaa. FYI, pastinya gue lagi puasa. Intinya, Museum Kucing Yokohama ini ada tepat di atas kolam renang yang ada di taman Motomachi, Yokohama. Paling deket dari stasiun Ishikawa-cho. Dari stasiun Ishikawa-cho belok ke kanan ke arah Motomachi.


Museumnya ini bener-bener ada di tengah-tengah daerah pemukiman. Dari jalan agak masuk gang sedikit, baru bisa nemuin museumnya. Untuk masuk ke dalamnya, lo harus mencet bel dulu. Nanti bakal ada orang museum yang bukain pintu, baru deh masuk. Biaya masuknya 300 yen doang. Museum ini bukanya cuma hari Sabtu dan Minggu doang, dari jam 12 siang sampai jam 6 sore.

Museum ini tuh, dibilang museum bener juga sih. Tapi kalau menurut gue lebih ke koleksi pribadi seorang bapak tua yang suka banget dengan kucing. Bapak ini tuh ngoleksi banyak banget karya-karya seni yang behubungan dengan kucing. Ampe ada lukisan dari tahun 1920-an lho. Banyak banget deh pokoknya. Ampe di sudut-sudut yang kurang terlihat aja ada kucingnya =))


Salah satu sudut dari museum kucing. Tenang banget lah pokoknya berada di sana. Dikelilingi buanyak banget kucing dan alunan musik klasik yang sanggup bikin lo kepengen pules. Salah satu tempat wajib yang harus dikunjungi selama di Jepang bagi pecinta kucing!

Btw, tadi kan di awal gue bilang kalau gue nyasar tuh. Pas lagi nyasar itu, gue malah nemu Yokohama Italian Garden. Website dalam bahasa Jepang. Jadi lah gue masuk ke situ untuk menghibur diri dan beristirahat sejenak. INDAAAAAAAHH BANGEEEEEEETT. Tamannya ini letaknya di atas--bukit? Entah apa namanya, pokoknya ada di tempat yang cukup tinggi. Jadi dari taman itu lo bisa liat pemandangan daerah pemukiman di Yamate.


Gue nggak sempet masuk ke dalam rumah itu sih, karena diburu waktu tutup museum kucing. Tapi tamannya sendiri nggak begitu luas. Ada sekitar tiga bangunan (sepengingatan saya), satu rumah yang di poto itu. Dua lagi ada cafe (lagi-lagi sepengingatan saya) dan sebuah toko gitu. Kapan-kapan cobain masuk ke dalamnya deh~

Lanjut, karena sampai jam buka puasa masih sangat lama, gue memutuskan untuk jalan kaki sampai Minato Mirai. Karena tujuan gue hari itu selain museum kucing adalah taiyaki. Ada satu toko taiyaki yang gue suka, yaitu Kuriko An. Salah satu tokonya ada di deket stasiun Minato Mirai. Dari Motomachi sampai Minato Mirai. Dibilang deket sih ya deket, tapi bisa dibilang kalau untuk jalan kaki lumayan jauh juga. Tapi ya nggak masalah sih, karena dari taman Motomachi, lanjut lagi ke taman Yamashita. Jadi ya nggak panas-panas amat lah~


Taman Yamashita nggak bisa dibilang adem kayak taman Motomachi sih. Tamannya tepat disebelah laut. Dari situ tinggal luruuuuuss aja ngikutin arah (?), selurusan dengan laut, sampai deh di Minato Mirai. Abis itu sih cuma keliling-keliling gejeh doang di Cosmo World nunggu bedug.

3. Lebaran!

YO! Di awal gue udah bilang kan ya bulan puasa tahun ini berlangsungnya di musim panas. Subuh jam setengah tiga, magrib jam tujuh malam. Kenyang angin dah =)) Alhamdulillah, tahun ini pun gue kembali berpuasa dengan damai di negeri orang. Sampai akhirnya Idul Fitri pun tiba! Bagaimana pengalaman Idul Fitri di Jepang?

Bagi para warga Indonesia yang tinggal di Tokyo dan sekitarnya pasti akan menyerbu SRIT untuk shalat Ied, tak terkecuali gue yang berdomisili di Kawasaki. Tapi ya, tetep aja sih rempong cyiin. Perjalanan dari Kawasaki ke Meguro itu butuh sekali ganti kereta di Shinagawa. Bayangkan, gue harus menjaga agar wudhu gue tetap sah selama perjalanan dari Kawasaki sampai Meguro. Taun lalu sih alhamdulillah nggak ada masalah. Tahun ini? KESENGGOL BOCAH SMA YANG LAGI MAKE TAS. Demi apapun juga deh ya deeeeeekk, make tas doangan biasa aja kale nggak usah pake nyenggol ==a

Kejadiannya di eskalator di stasiun Keikyu Kawasaki. BAHKAN GUE BELUM NYAMPE TOKYO! Itu bocah di belakang gue, terus tau-tau kesenggol aja gitu pas dia lagi make tas sambil ketawa-ketawa asyik ngobrol ama temen-temennya. Tanpa sadar gue berkata kasar dalam bahasa Inggris (tau lah apaan haha) dan ibu-ibu di depan gue langsung nengok dong kaget. Sumpah ya dek, lo nggak tau apa perjuangan gue nahan kentut pagi-pagi itu berat banget tauk! Akhirnya pas nyampe stasiun Shinagawa gue numpang wudhu dulu di toilet. FYI, nggak bisa wudhu di SRIT mah~ Semua kran yang ada udah dikuasai kaum adam.

Niatnya pengen shalat kloter pertama, ternyata rame banget broh! Kayaknya karena lagi pada heboh masjid baru, jadi pada berbondong-bondong ke Meguro semua. Jadi lah gue ngantri untuk kloter kedua. PUANJAAAAAAANG BANGET. Denger-denger ada empat kloter untuk shalat Ied tahun ini dari yang dijadwalkan cuma tiga kloter.

Selesai shalat, gue langsung menuju Kedubes Indonesia. Buat apa? MAKAN KETUPAT OPOR GRATIS WOHHOOOOOO!!! Terus udah sih, gitu doang. Temen-temen lagi pada nggak ada. Ada yang lagi di luar Jepang, ada yang bentrok dengan waktu tes, jadi nggak bisa ngumpul kayak tahun lalu. Cuma barengan ama temen yang satu rumah doang. Selain itu, HUJAN. Bikin males mau ngapa-ngapain juga. Nyampe rumah aja ketiduran dong ampe sore pas lagi nonton School Kakumei. Dan nggak ada poto juga selama di SRIT atau di Kedubes. Sekali lagi gue tekankan, HUJAN.

Begitu lah kira-kira kegiatan gue di bulan Juni. Selain mendadak jadi nulis fanfic abal jaman masih jadi jyaniwota alay dan nangis kejer di konser terakhir ℃-ute dan menggila nonton dvd Handsome Festival.

0 Comments