Kuliah


こんばんちわ♪

Tadi siang di Facebook sempet baca post tentang jurusan kuliah, jadi keinget deh pengalaman dulu pas SMA. Hehe.

Sebelum gue menjadi mahasisi sastra Jepang, gue sempet kuliah di jurusan desain grafis di PNJ. Kedengeran ketjeh banget gitu ya desain grafis~ Bukan di ITB sih tapinya. /digampar bolak-balik ama anak PNJ

Dulu pun sewajarnya anak SMA kelas tiga kebanyakan, gue pun galau masa depan. Haha. Gue nggak tau mau kuliah di mana, jurusan apa. Orangtua gue nggak sedikit pun memberi saran sama sekali, karena toh yang bakal jalanin kan gue, bukan mereka. Selain itu sih kayaknya mereka juga tau, palingan gue bakal ngambil sastra Jepang. Haha lagi deh.

Berbagai macam universitas swasta mampir ke sekolah untuk promosi. Sempet tertarik untuk masuk Binus, karena ada penjurusan translasi komik. Cita-cita gue semenjak tersesat di dunia wibu itu memang pengen banget jadi penerjemah komik Jepang. Kalau misalkan ada yang mengkhususkan mempelajari terjemahan komik Jepang kan bagus banget tuh~ Apalagi onomatope itu sangat menyebalkan. /lah

Btw, ada kamus khusus onomatope (Jepang Indonesia pastinya). Pernah pengen pinjem dari dosen terjemahan yang super duper menyebalkan, TAPI KAGA DIBAWA-BAWAIN wOAO)w Ampe gue udah lulus begini huhu.

Balik ke topik awal—

Suatu ketika, sekolah gue ikutan PMDK-nya PNJ. Mata gue berbinar-binar pas liat ada jurusan desain grafis di PNJ, sekalipun sesungguhnya gue udah hampir bulet untuk berjuang di jalan wibu. Kenapa? Karena gue suka desain grafis, terutama web design. Dan nggak disangka-sangka dari beberapa murid jenius dengan nilai-nilai hampir sempurna yang ikut PMDK, eh yang nilainya pas-pasan kayak gue malah dapet PMDK dong!!

Saat itu gue udah mantep buat masuk sastra Jepang UI sesungguhnya. Tapi karena terlena gue udah nggak perlu ikut ujian dan belajar yang aneh-aneh lagi, akhirnya selepas lulus SMA gue resmi menjadi mahasiswa teknik grafika di PNJ. Oya? Teknik grafika?

Di sini lah kebodohan nan hakiki yang bercokol dalam diri ini menjadi petaka dalam hidup. Desain grafis di PNJ itu berada di bawah teknik grafika. Perbendaharaan kata yang gue miliki memang sangat sedikit sekali saat itu (bahkan sampai saat ini pun), sampai gue nggak tau kalau teknik grafika itu teh teknik percetakan! Dan itu berarti? Lupakan lah multimedia idamanmu wahai bocah panda.

Boro-boro CSS, HTML sederhana aja nggak nyentuh, gimana mau belajar web design coba? Selain itu gue yang emang pada dasarnya nggak bisa gambar, makin terpuruk aja deh di kampus. Ujung-ujungnya? Pindah lah ke sastra Jepang~ Emang di PNJ ada sastra Jepang? Yaelah, namanya aja politeknik ya mana ada sastra lah.

Waktu itu si emak ngotot buat gue masuk UI karena dekat dari rumah. Atau kalau mau jauh dikit, ya di Unpak. Atau kalau nggak, daripada di Unpad mending di Unand sekalian.

UI memang jadi pilihan utama gue saat itu. Selanjutnya adalah Unpad. Unpak? HELL NO. (Maaf beribu maaf untuk mahasiswa Unpak.) Unand? Terlalu jauh dari peradaban wibu. Saat itu ya, waktu gue SMA.

Saat itu lah, gue dapet info tentang Unsada. Udah gitu gue nggak perlu ikut ujian masuk karena nilai UN memenuhi syarat tanpa tes. Jadi deh gue kuliah di Unsada. Jadi deh gue meneruskan cita-cita luhur semasa SMP untuk berjuang di jalan wibu. Walaupun tetep aja sih gagal jadi penerjemah komik.

Sampai sekarang pun masih kepikiran untuk kembali daftar menjadi penerjemah komik di Elex. Berhubung karya-karya Takaya-sensei lisensinya dipegang Elex. Pengen banget ngejar Fruits Basket Another, ya tapi……

Well, hidup, hidup gue sih~ Tadinya pengen ditumpahkan juga di sini. Nggak usah lah yah haha. Selain itu kemampuan translasi gue semakin lama semakin membusuk. Harus latihan-latihan lagi nih. Masa selama ngetik ini, mikirin kata ‘resmi’ aja lamaaa banget haha.

0 Comments