Libur Nyepi: Padang


こんばんちわ♪

Udah pernah bilang nggak sih kalau gue udah balik ke ibu pertiwi? Well, karena itu lah akhir-akhir ini jarang update. Bukannya kenapa-kenapa sih, kehidupan gue pada dasarnya memang monoton. Nggak ada bedanya dengan di Jepang. Bedanya ya karena waktu tempuh rumah - kantor - rumah itu najis amit-amit, jadi nggak ada waktu dan niat yang cukup besar untuk ngetik-ngetik di sini =((

Anyway, libur Nyepi tahun ini ada hari kejepit. Jadi lah gue ambil cuti, kemudian terbang ke Padaaaang! Gila ya ke Padang doang aja harga tiket pesawatnya najis amit-amit. Lebih-lebih dari tiket pesawat dari Tokyo ke Hokkaido. Iya, ini gue masih belom mup-on. Untung dibayarin om ya hahaha. Bukan om-om girang ya. Akhirnya bisa pulang kampung juga ke Padang!

Bilangnya pulang kampung ke Padang, padahal mah dia bocah Depok aseli.

Jujur aja, perjalanan kali ini nggak begitu menarik karena........ MAMAK MAMAK SUMATERA BERISIK BANGET ASTAGAAAAAAA

Skip!

Kisah ini dimulai dari bandara Tabing! Hn? Bandara? Ya atuh masih nyisa hiasan-hiasan bekas Asian Games 2018, jadi heboh deh minta potoin di depan Bhin-bhin, Kaka, dan Atung. Norak gitu euy~ Karena terbangnya malem, jadi sesampainya di Padang langsung ke rumah. Mainnya baru keesokan harinya.

Keesokan harinya? Nggak jalan-jalan juga haha. Sempet main ke pantai Air Manis, tapi yaaaa, cuma gitu doang. Udah gitu kelamaan di jalan karena nyasar. Kenapa nyasar? Karena mamak-mamak petunjuk jalan pada asyik ngobrol nggak memperhatikan jalan. Si emak ngajak temen sekolah dia. Sekalian jalan-jalan bareng temen, sekalian jadi petunjuk jalan. Secara kan ya, emak gue udah bertaun-taun di Depok, jadi ya udah nggak kenal lagi jalan-jalan di Padang. Tapi ya mamak-mamak berkumpul mah, yang ada ngegosip muluk. Udah gitu ngasih tau arahnya ke jalan yang nggak boleh dimasuki mobil pula. Jadi nyasar deh. Lumayan banget nyasarnya.

Di pantai Air Manis pun nggak gitu menyenangkan, karena memang mood udah keburu rusak. Belom lagi obrolan mamak-mamak yang menyebalkan. Tau kan betapa basa-basi menyebalkan ala orang Indonesia? Seperti biasa, pastinya ditanya-tanya mengenai pacar (nggak punya), kapan nikah (kagak minat dengan pernikahan), kerja di mana (ada lah pokoknya), gajinya berapa (lumayan lah pokoknya), ada lowongan nggak di kantornya buat anak saya (kagak ada), blahblahblah BODO AMAAAATTT. Pemandangan pantai yang indah, jadi nggak menarik.


Udah gitu ya, jeep-jeep kecil yang disewakan untuk turis teh malah bikin polusi. Bikin suasana yang panas, lengket makin nggak enak karena menghirup gas buangan dari jeep-jeep tersebut. Ngerti sih, namanya juga orang cari duit, tapi itu beneran udah jadi polusi =((

Untungnya, karena itu teh hari Jumat, jadi nggak lama-lama amat perginya. Si bapak kan kudu salat Jumat.

Abis salat Jumat, si bapak ngajak makan di warung makan langganan dia. Bilangnya belakang rumah, deket. Ya tapi ke sananya naik mobil =)) Panas banget katanya. Bahkan naik motor aja ogah, apalagi jalan kaki. Terserah babeh aja dah...

Nah, itu ya!!! Salah satu hal yang paling menyenangkan selama di Padang. Gilak itu makanan murah-murah banget dengan porsi yang lumayan gede. Gue makan gulai kepala ikan, udang goreng tepung yang mana udangnya gedeeee banget! Udang segede gitu nggak akan mungkin bisa ditemukan di warung makan pinggir jalan di Jakarta. Juga makan cumi bakar, telor dadar, perkedel, daun singkong juga pastinya. Nasi? Tambah lah hahahaha. One does not simply, eat Minang delicacies without rice.

Yang gue sebut di atas itu cuma gue doang ya. Si bapak juga beda lagi. Dan itu semua nggak nyampe cepek rebu tuh AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA. Bisa beneran gendut gue kalau lama tinggal di sana, karena gue beri tau sekali lagi. One does not simply, eat Minang delicacies without rice.

Maapkan nggak ada potonya. Beneran ke warung doang soalnya. Dan pengunjungnya tuh orang-orang kantoran yang lagi makan siang. Asa aneh banget kan kalau tiba-tiba gue poto-poto di sono. Ketauan amat turisnya haha.

Sorenya menyempatkan diri ke Trans Mart karena si emak mau belanja. Karena Padang teh emang panas banget, gue beli jus dan buah melon. Seger gitu kan dimakan panas-panas teh. Betapa terkejutnya gue melon yang dijual di sana rasanya pahit. Beneran pahit lho. Itu udah mateng. Gue beli yang dipotong setengah. Jadi bisa liat warna dagingnya kayak gimana. Itu mateng lho. PAHIT BANGET TAPI YAAAAAA. Beneran deh. Selama ini seasal-asalnya gue ambil melon, nggak pernah dapet yang pahit. Nah ini teh pahit banget. Udah gitu mahal pula kan. Merasa tertipu jadinya tuh huhu u_u

Keesokan harinya, pagi-pagi banget gue diajak ke sebuah warung langganan si emak. Enak banget kata dia mah. Warungnya ini cuma buka pagi hari doang. Siang udah tutup. Yowes, karena masih pagi banget, gue pesen bubur ayam. Honestly, ya biasa aja. Selain itu gue juga pesen roti bakar. Rotinya juga biasa aja u_u Nggak ada yang spesial. Jauh lebih enak buatan gue kemana-mana.

Abis sarapan, iseng-iseng ke jembatan Siti Nurbaya. Pengen poto-poto niatnya tuh... Ya tapi jam sembilanan aja panasnya udah kayak jam satu di Jakarta. Udah mana nggak nyaman banget ngalor-ngidul diikutin emak-emak yang dikit-dikit minta poto. Alhasil cuma sempet poto-poto sekitar Batang Arau doang.


Bahkan niat poto di malam hari pun nggak kesampaian karena UJAN. Gila ya emang ujan tuh musuh terbesar lah buat gue. Terserah lah mau dibilang hujan itu berkah blahblahblah. Gue tetap benci setengah mateng ama ujan u_u

Ya elu juga sih segala ame onna.

Udah gitu doang. Minggunya pulang deh ke Depok.

Gila, jauh-jauh ke Padang cuma begitu doang. Berasa buang-buang cuti unuk liburan yang kurang menyenangkan =A=

0 Comments