Nippon Kagaku Miraikan


This has to be one of the best place in Japan beside Kyoto International Manga Museum and Universal Studio Japan that I have ever visited.

こんばんちわ♪

Apa yang terlintas dalam benak kalian begitu mendengar kata "Odaiba"? Gundam? Replika patung Liberty? Fuji TV? Digimon? Elu doang kayaknya Chik!

Ada satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Tokyo, terutama Odaiba, yaitu Nippon Kagaku Miraikan atau The National Museum of Emerging Science and Innovation dalam bahasa Inggris. Museum ini membahas berbagai macam ilmu pengetahuan dan teknologi dari masalah lingkungan, kesehatan, robot, sampai luar angkasa. Saking kerennya, gue nggak ngerti dengan sebagian besar teknologi yang dibahas dalam museum ini. /plak

Museum ini terbagi dalam tiga tema, yaitu 世界をさぐる (Sekai wo Saguru; Explore The Frontiers), 未来をつくる (Mirai wo Tsukuru; Create Your Future), 地球とつながる (Chikyuu to Tsunagaru; Discover Your Earth).

Dalam Sekai wo Saguru (Explore The Frontiers), kita disuguhkan beberapa pengetahuan mengenai tata surya, bumi tempat kita tinggal, serta kehidupan manusia itu sendiri. Ada replika ISS di sini, jadi nggak perlu jauh-jauh ke Tsukuba pun kita bisa melihat dalamnya ISS seperti apa. Ada juga replika mesin pendeteksi super nova? Penerima sinyal super nova? Yah, gue kagak ngerti hahahahaha. Pokoknya ada hubungannya dengan super nova. Ruangannya mengingatkan gue dengan dunia digital. /plak


Ada juga alat peraga mengenai lingkungan, yang sangat sangat sangat sukar untuk dimengerti oleh otak gue. Kayak semacam contoh bagaimana lingkungan akan semakin tercemar dan rusak karena berbagai hal. Duh, sulit. Maap. Yang gue inget itu reaksi gue dan temen gue begitu melihat alat peraga ini.

"Lu ngerti?"

"Kaga."

Berbarengan dong. Haha. Asyem banget dah memang kapasitas otak ini.

Selain itu ada booth yang mana kita bisa menonton video penjelasan mengenai sel-sel dalam tubuh manusia! Yak, mari para otaku menyanyi bersama~~


One!! Two!! Three!! Four!!
We are hataraku!! FUUUUUUUU!!!

Lima booth tersebut memiliki tema yang berbeda-beda. Saat itu gue asal masuk aja ke salah satu booth yang kebetulan sedang kosong. Booth yang gue dan temen gue masukin itu ternyata menjelaskan tentang ginjal. Singkat kata, mari lah kita jaga kesehatan ginjal kita kawan-kawan!! Kapan-kapan gue akan mencoba mengunjungi booth yang lain.

Keluar dari booth tersebut, kita akan disugi berbagai alat peraga super duper canggih yang dapat menjelaskan cara kerja tubuh manusia. Dari pembentukan embrio manusia, sampai genetika pun dijelaskan di sini. Seinget gue sih. Alat peraganya udah pakai sensor gerak. Sangat interaktif dan informatif.


Itu temen gue sedang mencoba salah satu alat peraganya. Sentuh bagian tubuh yang bersinar dalam layar. Contoh, kepala. Kalau kita sentih kepala kita, nanti di layarnya itu akan keluat penjelasan mengenai otak. Temen gue ini kalau nggak salah tentang otot tangan.

Keluar dari area ini, ada juga area kedokteran! Di sini kita bisa mencoba operasi apalah itu gue lupa karena nggak nyoba juga. Saat itu ada bocah bule yang asyik banget mencoba alat peraga operasi. Pengen poto pun nggak enakan euy, poto anak orang u_u Ada emaknya pula. Wes, perhatian gue tertuju pada beberapa layar sentuh yang disediakan tepat di seberang alat peraga operasi. Di sini kita bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai kesehatan dan obat-obatan.

Dalam Mirai wo Tsukuru (Create Your Future), kita diminta untuk membayangkan masa depan seperti apa yang kita inginkan pada dunia ini. Ada satu tempat di mana kita diminta untuk memilih salah satu masa depan yang ingin kita berikan kepada generasi setelah kita. Seperti dunia tanpa diskriminasi, dunia dengan kecukupan sandang pangan, dan lain-lain. Ada bermacam-macam lah. Setelah itu kita masukan pilihan kita ke dalam sistem, kemudian tinggal lihat apakah masa depan yang diinginkan dapat terwujudkan atau tidak.

Area itu sesungguhnya hanyalah permainan, tapi cukup menarik juga. Nantinya kita akan dapat surat dari masa depan, ceritanya dari cucu-cucu kita kenapa dunia yang kita inginkan tidak tercapai.


Selain itu ada juga alat peraga internet! Kita bisa melihat seperti apa sih cara kerja internet dalam mengirimkan informasi ke seluruh dunia.

Kalau kita membicarakan tentang masa depan, terutama dalam bidang teknologi apalagi yang dikembangkan oleh Jepang, pasti lah akan terbayang robot! Pastinya di museum ini ada robot-robot pintar juga. Dipamerkan pula sebuah Android yang cukup creepy menurut gue. Btw di Aqua City, salah satu mall yang ada di Odaiba, seinget gue di sana ada Android yang bertugas sebagai customer service. Mungkin ada mau liat Android tapi nggak mau mengeluarkan uang, bisa ke Aqua City.

Pada jam-jam terentu bahkan ada pertunjukan dari robot Asimo. Aseli deh yak!!! Dia bisa loncat-loncat, lari-lari. Tapi kata-katanya creepy, "semoga manusia dan robot dapat hidup berdampingan". Hohoho diri ini teringat dengan salah satu film Doraemon.


Tapi kalau ampe ada Buddyroid beneran sih, gue pengen hehe. Yang rada-rada bego kayak Nick juga nggak masalah.

Ada yang tau Buddyroid?

Kemudian yang terakhir adalah Chikyuu to Tsunagaru (Discover Your Earth), yang terdiri dari Geo-Cosmos, Geo-Scope, dan Geo-Prism. Salah satu alasan kenapa gue pengen baget ke museum ini adalah Geo-Cosmos!! Geo-Cosmos adalah bola dunia yang dibentuk dengan banyak monitor LED yang dirangkai sedemikian rupa hingga berbentuk bola dunia. Gambar yang ditampilkan benar-benar berputar, jadi seperti melihat miniatur bumi sungguhan.


Siapapun tolong bawa teknologi ini ke Indonesia.

Selain Geo-Cosmos, Geo-Scope juga tidak kalah menarik. Geo-Scope adalah layar sentuh yang menyajikan berbagai informasi dalam grafik mengenai bumi, seperti grafik bio-diversity, grafik gempa yang terjadi setahun belakangan ini, grafik intensitas ozone (CMIIW), dan lain-lain. Lo bisa stuck lama di sini saking menariknya grafik yang disajikan.

Sedangkan pada Geo-Prism, kita bisa milih data yang ingin ditampilkan pada Geo-Cosmos. Ini juga nggak sangat interaktif. Nggak bikin bosen deh. Selain itu ada juga yang namanya Geo-Cockpit, pusat kontrol Geo-Cosmos.

Atas semua yang gue jelaskan di atas, museum ini wajib dikunjungi jikalau sedang jalan-jalan ke Tokyo. Murah kok, harga tiket masuknya 600-an Yen. Pasti akan dibikin menganga dengan berbagai teknologi yang ada di sana. Gue pun masih belum puas main-main di museum ini.

0 Comments