teamLab Borderless


こんばんちわ♪

Kemarin gue abis dari tempat yang lagi in banget di Tokyo, yaitu teamLab Borderless! teamLab menggabungkan seni dengan teknologi, menghasilkan digital art, projection mapping yang sangat indah dan interaktif. teamLab ini ada di dua tempat, yaitu di Odaiba dan Toyosu. Gue perginya ke Odaiba, karena temen sekalian pengen liat Gundam.

Bagi yang ingin ke teamLab Odaiba, stasiun terdekat adalah stasiun Tokyo Teleport. Dari sana tinggal jalan menuju MORI Building DIGITAL ART MUSEUM. Harga tiket masuknya 3200 Yen.

Ada beberapa ruangan dengan tema yang berda-beda yang disediakan oleh teamLab untuk menikmati karya digital art mereka. Semoga gue bisa mendeskripsikan digital art yang ajaib ini dengan baik. Nggak mungkin sih.

Pertama-tama dimulai dari Borderless World. Salah satu instalasi yang terkenal dari teamLab terdapat di ruangan ini, yaitu "Universe of Water Particles on a Rock where People Gather". Panjang bener ye namanya. Gampangnya sih air terjun di bebatuan. Di lantai dibikin undakan seperti bebatuan besar, air terjunnya ditampilkan lewat projection mapping.


Maapkeun kalau potonya kurang indah.

Selain itu ada juga instalasi terindah menurut gue, yaitu "Wander through the Crystal World". Ini cantik sekaliiiiii!!! Selain itu kita bisa atur sendiri mau memainkan lampu-lampunya seperti apa. Nggak bosen-bosen deh berada di sini. Terutama ketika semua lampu berwarna putih kristal. Seakan-akan diri ini bergemerlapan (?)


Tapi mohon maap banget nih kalau potonya kagak ada cantik-cantiknya orz. Susah men ngambil potonya.

Ruangan berikutnya yang gue kunjungi adalah Athletics Forest. Sesuai dengan namanya, di ruangan ini kita diajak untuk bergerak. Di instalasi "Graffiti Nature - High Mountains and Deep Valleys", kita bisa menyumbang gambar untuk ditampilkan dalam instalasi. Ada dua jenis gambar, binatang dan bunga. Kalau kita mendekati gambar bunga, nanti kelopak-kelopaknya akan berhamburan. Kalau kita mendekati gambar binatang, binatangnya akan lari dari kita, dan kalau diinjak, binatangnya akan benyek hahaha.


Salah satu instalasi yang pengen banget gue cobain adalah "Multi Jumping Universe". Di sini kita bisa loncat-loncatan seakan-akan sedang berada di luar angkasa. Ya tapi antriannya panjang sekali u_u Selain itu ada lagi instalasi yang nggak bisa gue cobain, yaitu "Light Forest Three-dimensional Bouldering". Di sini kita bisa memanjat tiang-tiang yang dihiasi lampu-lampu. Cantik deh~ Sayangnya yang boleh masuk cuma anak kecil u_u

Berikutnya di Athletics Forest ada "Weightless Forest of Resonating Life". Ruangan ini dihiasi dengan balon-balon besar. Bisa main sundul-sundulan kayak di kaskus. Seperti biasa, permainan warna-warnanya selalu bikin kita seperti berada di dunia berbeda.


Ruangan Athletics Forest berada dekat sekali dengan Future Park. Sama seperti Graffiti Nature, di Future Park ini ada "Sketch Aquarium" di mana ikan-ikannya adalah gambar dari para pengunjung. Gerakan ikannya berbeda sesuai pola gambar yang dipilih. Paling enak pilihnya itu gambar gurita. Gerakannya nggak cepat. Gue pilih gambar ikan, entah ikan apa. Begitu kelar di-scan, ikannya langsung melesat berenang cepet banget ampe akhirnya gue nyerah nyari dia ada di mana =A=


Selanjutnya adalah ruangan Forest of Lamps. CAKEP BANGET MAMIHKUUUUU!!!! Warna-warna sinar lampunya ini gonta-ganti. Tapi kita hanya diperbolehkan berada di dalam ruangan ini hanya sebentar. Kalau mau dapet semua warna lampunya, silakan masuk berkali-kali sampai puas. Asal kuat ngantrinya aja.


INDAH BANGET KAAAAAAANNNN???

Yang gue ceritakan di atas ini hanya beberapa instalasi yang menarik buat gue, aslinya mah masih banyak banget. HTM-nya memang lumayan mahal sih, tapi nggak akan rugi kok. Jadi, bagi yang sedang berada di Tokyo dan sekitarnya dan ada budget-nya, nggak ada salahnya untuk mampir ke teamLab ini. Gue masih pengen ke sana lagi sih. Revenge broh! Karena nggak dapet poto yang bagus di Crystal World. Penasaran gueee pengen bisa poto yang bagus huhu.

0 Comments