JAXA Tsukuba Space Center



宇宙キタ――――――――ッ!!

YESH! Akhirnya gue kesampean dong berkunjung ke JAXA Tsukuba Space Center!! TENSHON AGARUUUUUU

JAXA Tsukuba Space Center ini berada di kota Tsukuba, prefektur Ibaraki. Untuk menuju ke sana dari Tokyo, tinggal naik kereta Tsukuba Express. Kemaren gue berangkat dari stasiun Akihabara, dengan lama perjalanan sekitar satu jam sampai di stasiun Tsukuba. Dari stasiun Tsukuba, lanjut naik bis di halte nomor empat jurusan Arakawaoki Eki (荒川沖駅), kemudian turun di halte Busshitsu Zairyou Kenkyuu Kikou (物質材料研究機構). JAXA Space Center berada di seberang halte yang namanya udah kayak judul skripsi itu.


JAXA adalah pusat penelitian antariksa di Jepang. Gampangnya ya, NASA-nya Jepang. Ada dua gedung yang dapat dikunjungi secara bebas oleh pengunjung umum, yaitu Space Dome dan Planet Cube. Space Dome adalah museum utama. Kita bisa lihat perkembangan teknologi satelit-satelit yang diluncurkan oleh Jepang. It was so big! Gue tau sih satelit itu gede banget, tapi karena nggak ada bayangan sama sekali sebesar apa, pas liat bendanya secara langsung tuh berasa banget gedenya.

Selain itu ada potongan bumi, cuma bagian kepulauan Jepang pastinya, di tengah-tengah ruangan yang akan menyambut pengunjung begitu memasuki Space Dome. Ada juga beberapa model-model roket luar angkasa yang pernah diciptakan oleh JAXA, dan yang paling bikin heboh adalah, ya space shuttle itu sendiri. Pengunjung bisa masuk ke dalamnya. Beberapa modul-modul kendali, rangkaian kabel nan rumit yang tak kumengerti.


Di bagian paling belakang ruangan, dipamerkan baju astronot milik JAXA dan NASA. Kita bisa poto-poto cantik juga dengan pakaian tersebut karena sudah didesain sedemikian rupa sehingga fungsinya tidak hanya untuk dipamerkan, tapi juga bisa menjadi kao hame kanban aka photo stand-ins aka itu lho yang papan bergambar tapi bolong bagian wajahnya yang bisa dipake buat poto-poto (?)


Gedung lainnya adalah Planet Cube, yaitu ruang pameran kecil dan toko souvenir. Pamerannya ini bersifat temporary. Pas kemarin gue ke sana sih yang sedang dipamerkan adalah penelitian-penelitian yang dilakukan oleh salah satu astronot Jepang. Di sebelah pameran tersebut ada toko oleh-oleh! Bukan hanya cinderamata seperti gantungan kunci atau pajangan, tapi juga space food! Tau kan? Makanan yang dimakan oleh para astronot ketika berada di stasiun luar angkasa sana.


Gue cukup excited liat makanan-makanan ajaib itu. Dari yang normal kayak roti atau onigiri, ampe yang aneh semacam es stroberi, puding, dan okonomiyaki. Pas gue coba pegang sih teksturnya kayak biskuit. Bongkahan biskuit lebih tepatnya karena yang gue nggak merasakan bentuk yang seragam di setiap bungkusnya. Sayangnya gue nggak bisa ambil poto contoh makanan-makanan yang dijual karena tokonya ramai sekali. Gue juga nggak beli makanan yang aneh-aneh itu. Gue beli yang roti doang. Itu pun bukan untuk konsumsi pribadi, tapi untuk oleh-oleh. Jadi gue pun nggak tau bentuknya bakal kayak gimana =))

Di antara semua yang gue jelaskan di atas, yang paling bikin excited pastinya roket yang dipajang di dekat area parkir! Poto roketnya bisa diliat di pembuka post ini. Tanpa pikir panjang gue langsung ambil poto pose uchuu kita begitu liat roket tersebut. Ya tapi nggak ada temen yang ngerti apa itu uchuu kita sehingga gue nggak mendapatkan poto yang memuaskan hasrat otaku ini u_u


Temen gue udah berbaik hati sekali mengambil poto dengan angle yang sangat bagus padahal. Pasti dikiranya gue pengen poto yang cantik-cantik gimana gitu... Jadinya poto uchuu kita dengan rasa baru bangun tidur deh u_u

Overall, perjalanan ke JAXA sangat menyenangkan! Bagi penggemar ilmu antariksa dan astronomi, JAXA Tsukuba Space Center adalah tempat yang wajib dikunjungi jika sedang jalan-jalan ke Jepang. Lumayan kan ya, sedikit lebih dekat dibanding ke Houston. /plak

0 Comments