Gelar Jepang Universitas Indonesia 2019


こんばんちわ♪

Setelah sekian tahun, minggu lalu gue kembali mengunjungi GJUI! Terakhir kali ke sana sekitar tahun 2010? 2011? Udah cukup lama lah nggak pernah lagi ke GJUI. Padahal sebelum itu yang namanya ke GJUI udah kayak kewajiban yang harus dilaksanakan tiap tahunnya. Tapi GJUI tahun ini berbeda. Bintang tamunya adalah Kei Takebuchi! Mantan personil Goose House! Pergi nonton lah gue~

Gue dateng dua hari, pada hari kedua dan hari ketiga. Berhubung udah memutuskan untuk dateng kan ya, sekalian aja lah dateng juga hari Sabtunya. Udah lama juga nggak liat dance cover-nya.

Namun manusia memang hanya bisa berencana. Tuhan lah yang menentukan.

Ketimpa masalah dong tepat ketika mau berangkat. Bukan masalah besar, tapi menyebalkan. Pada akhirnya gue tetap ke GJUI sih, tapi lumayan sore. Nggak bisa nonton cover dance deh =(( Jadinya cuma nemenin sodara mencari cemilan.


Tapi menyempatkan diri poto-poto boneka Digimon guna merayakan hari satu Agustus. Begonya kelupaan bawa Digivice karena pas berangkat terburu-buru.

Keesokan harinya, hari H nih. Semua warga Indonesia pasti tau apa yang terjadi di Jabodetabek pada tanggal 4 Agustus 2019. Mati listrik. Se-Jabodetabek. Sinyal aja sampai ilang lho. KRL? MRT? Nggak jalan dong~ TransJakarta aja rada kacau karena mendadak harus pakai uang tunai untuk transaksi. Betapa beruntungnya hal tersebut nggak gitu membuat hari gue jadi tidak menyenangkan. Sekadar susah menghubungi teman aja karena sinyal suka menghilang. Ini beneran yang nggak ada sinyal lho, bukan sekadar nggak bisa akses internet =((

Di sana yang gue incer hanya makanan~ Setelah sekian lama bisa tabearuki-an lagi. Yang pertama kali mencuri perhatian bukan lah jajanan asal Jepang, melainkan telur gulung! Beneran nih, terakhir makan telur gulung bisa jadi pas jaman SD dulu. Sekarang udah jadi kayak jajanan masa kini ya hehe. Selain telur gulung, jajan makanan yang biasanya ada di event Jejepangan seperti takoyaki dan taiyaki, yang mana gue agak menolak menyebut itu taiyaki saking maksanya.


Dapat dibayangkan, nggak lama kemudian udah mulai bosen. Haha. Karena listrik mati, jadi jalan ke GJUI-nya dipercepat karena pasti bosen juga di rumah. Udah nyampe GJUI pun ujung-ujungnya bosen karena tujuan ke GJUI memang untuk nonton Kei-chan doang haha. Untungnya ada band yang membawakan lagu-lagu dari kartun jepang jadul. Ternyata tema GJUI tahun ini adalah "Timeless Memories", jadi ada band yang sengaja memilih lagu-lagu yang bikin nostalgia.

Chika jadi ikut berdendang bahagia bisa mendengar lagu-lagu yang dia kenal di sebuah event. Maklumilah, udah nggak kenal sedikit pun dengan lagu-lagu kartun terkini bahkan lagu jepang pada umumnya. Kecuali Haropuro pastinya mweheeee

NIPPON NO DI EN EI!!!!

Setelah magrib pun, band-band yang tampil banyak yang membawakan lagu-lagu jadul. Entah udah berapa lama gue nggak joget-joget denger Link-nya Laruku. Lumayan lah, di zaman sekarang yang mana band-band Jejepangan lebih banyak membawakan lagu original daripada cover, bisa menunggu Kei-chan sambil mengheboh lagu-lagu yang gue kenal, suatu hal yang luar biasa. Satu hal yang pasti sih......

Betapa lagu Go!!! dicintai otaku Jejepangan Indonesia. Dalam sehari itu gue bisa denger berapa kali. Sampai Kei-chan aja nyanyi Go!!! juga. Ebusyet.... Ya gue sih seneng aja loncat-loncatan haha.

Akhirnya giliran Kei-chan tampil nih. Wah parah dia sih..... Dari siang sampai band sebelum dia tampil, suara penyanyi tuh nggak gitu jernih karena mungkin memang sound system-nya yang nggak begitu oke dan kebanting suara musiknya, tapi begitu Kei-chan yang nyanyi, bisa sejernih itu suaranya. Apakah memang kalau penyanyi profesional volume suara yang dikeluarkan berbeda? Eh band-band indie itu juga profesional sih. Atau memang hanya karena Kei-chan teh mostly hanya ditemani piano doang?

Begitu Kei-chan tampil di panggung, seluruh penonton hebohnya bukan main. Nggak lama kemudian jadi hening sih karena Kei-chan mau rekaman dulu. Gue nggak ngerti lagi deh dengan perkembangan teknologi. Kei-chan merekam chorus yang akan dia pakai nanti untuk penampilannya. Saat itu juga. Selain itu dia juga merekam nyanyian para penonton!!! Yang akan dimasukan ke lagu terbarunya nanti!!!!

BAKAL ADA SUARA GUE DI LAGU TERBARU KEICHAN AAAAAAAAAAAAAA
tapi ketutupan suara membahana dari para fanboy


Penampilan Kei-chan dimulai dengan lagu Country Road. Kali ini gue nggak protes dengan penonton yang ikutan nyanyi, selain karena Kei-chan sendiri ngajak nyanyi bareng, suara Kei-chan tetap terdengar dengan jelas hehe. Dilanjut dengan lagu barunya yang berjudul Torch. Di lagu ini nih bakal ada suara gue huhu. Torch sendiri termasuk ke kelompok ouen song (応援ソング; support song? rooting song?), yang semacam itu lah. Vibe-nya mirip-mirip lagu yang suka dipakai iklan Coca Cola di Jepang (?)

Setelah itu adalah anisong medley~~ Di sini akhirnya Kei-chan nyanyi lagu Goose house juga huhu. Anisong medley dimulai dengan lagu God Knows dari Suzumiya Haruhi no Shoushitsu. Alasannya pasti tau dong kenapa? Sebagai tribute kecil terhadap studio Kyoani yang sedang tertimpa bencana :D Di anisong ini ada lagu yang gue nggak tau, jadi gue sebut aja lagu-lagu yang gue tau ya. Selain God Knows, anisong medley diisi dengan lagu-lagu berikut, Hikaru Nara (Shigatsu wa Kimi no Uso), 1/3 Junjou na Kanjou dan The Beginning (Rurouni Kenshin) padahal yang satu teh ost pelem, Sparkle (Kimi no Na wa).

Berikutnya, Kei-chan membawakan lagu sesuai dengan permintaan penonton. Ada dua pilihan penyanyi. Ed Sheeran atau Hikaru Utada, yang langsung dijawab kompak oleh para penonton, Hikaru Utada. Ketika ditanya mau lagu apa, penonton pun kembali kompak menjawab, First Love. Jadi lah Kei-chan menyanyi First Love dari Hikaru Utada yang melegenda.

Lagu berikutnya nih yang nggak disangka-sangka. Kei-chan akan membawakan lagu Indonesia yang kebetulan banget ada versi terjemahan bahasa Jepangnya. Penonton heboh dong. Udah ketebak lah, apa lagi kalau bukan lagu Mungkin Nanti dari Peterpan? Walaupun sesungguhnya gue lebih berharap Dekat di Hatinya RAN sih huhu. Nah, hanya di satu lagu ini saja, penonton diizinkan untuk merekam, memfoto penampilan Kei-chan di panggung. Keluar semua deh hape dan kameranya =))

Penampilan Kei-chan membawakan Mungkin Nanti versi bahasa Jepang bisa ditonton di sini



Gue ikutan nyanyi versi aslinya, berhubung nggak hapal juga versi bahasa Jepang. Hebatnya penonton pada hapal lho ==a Padahal lucu pasti kalau Kei-chan nyanyi versi bahasa Jepang dan penonton nyanyi yang asli. Jadi lebih menarik pasti videonya.

Sayangnya habis Mungkin Nanti adalah lagu terakhir. Lagu terakhirnya adalah In The Blanket, salah satu lagu solo Kei-chan. Udahan deh.

Tentu tidaaaaaaakk~~~

Masih ada encore dong! Encore-nya ini dibawakan ramai-ramai dengan band yang sudah tampil sebelum Kei-chan. Rame bener deh. Di encore ini lah lagu Go!!! dibawakan. Untuk kesekian kalinya pada hari itu haha.

Baru deh penampilan Kei-chan benar-benar selesai.

Eits!!

Belom.

Masih belom selesai haha.

Setelah itu dari pihak GJUI ada kejutan ulang tahun untuk Kei-chan. Jadi dari GJUI udah menyiapkan video ucapan ulang tahun dari beberapa penggemar yang hadir di press conference, ditambah para penonton menyanyikan lagu Happy Birthday. Ada kue juga. Kei-chan nangis deh di atas panggung :3



Kali ini baru benar-benar selesai. Kei-chan sampai berpesan untuk hati-hati di jalan pulang karena udah malem banget haha.

Pengalaman yang luar biasa sekali bisa menonton salah satu penyanyi Jepang kesukaan di sebuah festival universitas! GJUI nih pakai ajian apa deh bisa ngundang Kei-chan. Taun berikutnya undang Airi dong /plak /duitnya nggak kuat lah

Terima kasih banyak kepada GJUI karena sudah mengundang Kei-chan ke Depok untuk tampil, dan juga para sponsor pastinya. Kalau nggak ada sponsor Sasjep UI mau bayar Kei-chan dari maneeeeee. Kei-chan pun nampak senang sekali bisa mengunjungi Indonesia dan berjanji akan datang lagi untuk manggung! Yeay! Semoga taun depan ya!! /plak

By the way! Kei-chan udah upload footage dari lagu Mungkin Nanti dan kejutan ulang tahunnya! Silakan berkunjung ke channel Youtube Kei-chan~


0 Comments